Cara mengaktifkan Wifi yang ter-disable

Cara mengaktifkan Wifi yang ter-disable - Kemarin ada murid datang ke saya dengan membawa laptopnya, dia bilang wifi di laptopnya tidak bisa dipakai padahal sebelumnya bisa dia pakai, dia minta tolong ke saya siapa tahu saya bisa membetulkan laptopnya. Lalu saya mencoba cara di artikel Wifi terdeteksi tapi tidak tersambung yang pernah saya tulis, namun cara itu ternyata tidak berlaku pada masalah yang sekarang dihadapi karena masalah yang sekarang adalah wifi benar-benar mati tidak bisa mendeteksi AP (Acces Point) yang ada. Tombol function untuk mengaktifkan wifi-pun juga tidak bisa dipakai, ternyata setelah diteliti penyebabnya, driver wifi pada laptop tersebut ter-disable sehingga driver tidak bekerja dan menyebabkan laptop tidak mengenali AP yang ada. Cara untuk mengaktifkan sangat mudah, hanya perlu beberapa langkah saja. Berikut langkah-langkahnya …

1. Buka Device Manager dengan cara tekan tombol Start lalu klik kanan pada tab Computer dan pilih Manage.device manager

2. Setelah muncul jendela seperti tampak diatas, pilihlah Device Manager di jendela sebelah kiri dibawah menu System Tools lalu carilah di jendela sebelah kanan menu Network adapters lalu di menu tersebut akan muncul beberapa driver yang anda gunakan.

3. Carilah driver Wifi didalam pilihan Network adapters. Di gambar saya diatas, driver wifi saya adalah Qualcomm Atheros AR9285 802.11b/g/n Wifi Adapter jika diperhatikan gambar tersebut di icon samping nama driver tersebut ada tanda panah kebawah yang menunjukan bahwa driver tersebut ter-disable.

4. Cara meng-enable driver tersebut adalah dengan klik kanan pada driver yang dimaksud lalu klik pilihan enable. Maka driver anda seharusnya sudah berfungsi.

Nah, itulah tadi pengalaman saya mengenai Cara mengaktifkan Wifi yang ter-disable semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih.


Share This Article


30 Responses to "Cara mengaktifkan Wifi yang ter-disable"

  1. sama2..terimakasih sudah mampir..:)

    BalasHapus
  2. makasih, sangat membatu sekali postingannya ^ ^

    BalasHapus
  3. sama2..senang bisa membantu..:)

    BalasHapus
  4. waaaah akhir nya bisa jugaa ^_^ makasih banyak yaa bermanfaat banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama..senang bisa membantu dan terimakasih sudah mampir..:D

      Hapus
  5. gan mau tanya saya sudah dapat nama wifi sama passwordnya
    tapi kok ndak bisa terhubung cuma mengautentikasi trus
    itu gimana caranya supaya terhubung gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca ini gan, siapa tahu membantu.. http://peka-teknologi.blogspot.com/2014/02/wifi-terdeteksi-tapi-tidak-tersambung.html

      Hapus
    2. sudah dicari tapi kok gak ada gan?

      Hapus
  6. nakasih benget mas
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Gan kok udah ane disable tetep kgk bisa sheare wifi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya di - Enable, bukan malah di- Disable gan..

      Hapus
  8. Terimakasiih bapak yusup pamungkas :)

    BalasHapus
  9. Punya saya gak ada tulisan begitu mas jadi gimana ? Apa saya harus download drivernya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin drivernya belum terinstal, coba download drivernya lalu instal..

      Hapus
  10. Thanks gan !!! Sangat bermanfaat !!

    BalasHapus
  11. gan punya saya sudah enable tapi kok tetep ga bisa ya wifinya padahal sama laptop lain wifinya connect, tolong bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berhasil gan, Laptop saya Hp Af118au windows 7 64 bit..
      Setelah 2 hari berpusing2 sampai kebawa mimpi.. Akhirnya nemu solusinya..
      Sepele banget gan.. Kamu tinggal masuk ke control panel > windows mobility center > tekan f12 (yang ada lambang wifi atau pesawat) "beda merk laptop beda tombolnya"
      Senyum lebar dah... :-):-):-):-):-)
      Semoga kamu juga berhasil gan..

      Hapus
  12. Gan d laptoo ny sya gak ad yg network adapter. Trs gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan driver wirelessnya belum terinstal, coba cek di device manager caranya tekan start - klik kanan Computer - Manage - Device Manager, trus cek driver wireless sudah terinstal atau belum..

      Hapus
  13. Makasih banyak artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaat... sempat panik tapi udah bisaa makasih banyakk yaa gann....

    BalasHapus