Situs Gambar Resolusi Tinggi Gratis

Situs Images Gratis | Setelah menemukan tool untuk membuat sebuah tampilan website yang keren dan tanpa coding sama sekali bernama Adobe Muse, saya mulai membuat sebuah themes single page scrolling. Themes ini nantinya akan digunakan untuk kebutuhan portofolio arsitek –kakak saya arsitek, jadi kalo ada yang mau dibikinin gambar bangunan, denah atau konsultasi, hubungi saya saja nanti langsung saya hubungkan ke kakak saya. hehe..

Nah, permasalahannya adalah themes saya ini membutuhkan gambar untuk front page-nya. Sebenarnya bisa saja pakai desain 3D kakak, namun saya sudah membayangkan sebuah desain logo yang berada di tengah-tengah kota dan terkesan bahwa logo tersebut dibangun disana. Menurut saya itu akan tampak lebih bagus dan menarik. Untuk keperluan tersebut saya membutuhkan gambar sebuah kota yang mendukung, memiliki space terbuka untuk meletakan logo yang saya buat. Maksud saya adalah logo dan background tersebut akan menunjukan profesionalitas website serta arsitek yang dipromosikan—berlagak jadi desainer papan atas, hehe.

Kenapa hal tersebut menjadi masalah?

Karena jika saya mencari sembarang foto, maka bukan tidak mungkin pemilik foto akan keberatan atau bahkan menuntut. Tidak semua gambar yang tersebar di internet bebas untuk dipergunakan, banyak dari gambar tersebut yang memiliki copyright yang berarti tidak bisa sembarang dipergunakan untuk keperluan pribadi apalagi komersil. Contoh gampangnya adalah ketika Anda mencari gambar di mesin pencari Google, maka saat Anda mem-view salah satu gambar akan ada catatan kecil dibawahnya yang bertuliskan ‘Images may be subject to copyright.’ kan? itu menunjukkan bahwa mesin pencari Google tidak atau belum memilah mana gambar yang bisa dipergunakan secara bebas dan mana yang tidak sehingga kita tidak dapat mengetahui mana gambar yang bisa kita pakai tanpa harus melanggar copyright.

Lalu, saya berkesimpulan bahwa jika ada gambar ber-copyright dan tidak maka setidaknya ada sebagian orang yang membuat sebuah wadah untuk gambar-gambar tersebut secara lebih tertata.

Dan ternyata memang ada!

254H

Saya menemukan beberapa situs yang menawarkan gambar-gambar berkualitas yang bisa Anda pakai secara gratis. Memang gambar-gambar tersebut dari segi seni tidak sebagus yang berbayar namun dari segi kualitas, gambar tersebut tidak kalah dengan yang berbayar. Jika kita jeli maka akan ada banyak gambar bagus yang kita dapatkan. Terkadang saya juga bingung, gambar sebagus itu kok gratis, hehe. Kita bahkan dapat memilih resolusi yang kita mau. Semakin besar resolusinya maka akan semakin besar juga ukuran filenya.

Tentu saja saya setuju jika hak cipta adalah mutlak milik sang fotografer, akan salah ketika Anda mendownload gambar tersebut dan mengaku bahwa Anda yang memotret gambar tersebut. Nah, yang ditawarkan disini adalah Anda dapat menggunakan gambar tersebut secara gratis dengan restu dari sang fotografer.

Oke, langsung saja berikut adalah daftar serta penjelasan dari masing-masing situs foto yang saya kumpulkan:

  1. Pixabay
    Situs ini saya letakkan di nomer satu karena dari sinilah saya mendapatkan gambar yang saya inginkan. Jika Anda mencari dengan kata kunci ‘image gratis’ di google, maka situs ini akan berada di halaman pertama hasil pencarian. pixabay menawarkan gambar yang ‘briliant’ dan kebanyakan tidak membutuhkan atribusi untuk penggunaannya.
  2. Freeimages
    Sama seperti pixabay, dengan kata kunci ‘image gratis’ Anda akan mendapatkan situs ini dihalaman pertama bahkan urutan ke-2. Situs ini focus ke lingkup kecil gambar, biasanya lanscape photography. Freeimages menawarkan ribuan image dari berbagai kategori. Kerennya lagi situs ini gampang ditemukan jadi benar-benar time saver kalau Anda sedang diburu deadline.
  3. Gratisography
    Inilah urutan pertama dalam mesin pencari dengan kata kunci ‘image gratis’, Situs yang dibangun oleh Ryan McGuire—web designer—ini mengedepankan gambar yang banar-benar tidak memerlukan atribusi sama sekali.
  4. PicJumbo
    Navigasi yang mudah dan resolusi tinggi adalah keunggulan dari situs ini. Dan, atribusi tidak diperlukan di hampir semua fotonya. PicJumbo ini banyak menyediakan foto bertema makanan, jadi jika Anda bermaksud mencari gambar untuk restoran atau café atau apapun itu yang berhubungan dengan makanan maka situs inilah yang Anda cari.
  5. New Old Stock
    Jika Anda mencari foto antik, inilah situs yang Anda cari. Ada kalimat yang menyatakan ‘You can scroll for hours without growing bored’. Cukup alasan untuk melihat situs ini sekarang juga. hehe

Nah, itulah list yang saya dapatkan dari internet. Masih banyak lagi situs yang menawarkan gambar gratis silahkan Anda eksplor sendiri. List diatas adalah pilihan saya, semoga list tentang gambar gratis dari internet ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada komentar atau masukkan, silahkan isikan pada kolom komentar dibawah artikel ini. Anda juga dapat menambahkan list Anda sendiri pada kolom komentar supaya orang lain juga tahu dan menambah pengetahuan tentang situs penyedia gambar gratis. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Situs Gambar Resolusi Tinggi Gratis"

Posting Komentar