Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas | Oke, kali ini saya menulis dari laptop ‘baru’. Bukan karena saya banyak uang, tapi karena laptop saya yang sebelumnya mati. Mati total. 

Yah, sudah berumur lebih dari 5 tahun lebih, sih. Kata tukang service-nya ada chipset yang terbakar, jadi tidak bisa menyala. Karena saya pikir laptop tersebut sudah tua, saya berencana membeli laptop lain saja. Nah, karena kebutuhan akan komputer yang mendesak—untuk mengerjakan tugas akhir, menulis dan hiburan (hehe)—dan uang yang pas-pasan (baca: hutang), saya memberanikan diri untuk membeli laptop bekas.

Bukan hanya alasan diatas yang meyakinkan saya untuk membeli laptop bekas, melainkan ada beberapa alasan lain yaitu saya bisa mendapatkan spesifikasi yang bagus dengan harga yang miring. Terkadang jika beruntung kita bisa mendapatkan laptop bekas yang masih dalam masa garansi pabrik, harganya murah pula, jadi masih bisa dibilang baru –yah, walaupun sudah dipakai duluan sama orang lain, hehe. Yang begini ini biasanya karena pemilik sebelumnya bosan atau spesifikasi laptop tidak sama seperti keinginan mereka. Seperti laptop saya yang lama Probook 4330S i5, saya juga membeli bekas tapi masih bergaransi pabrik 6 bulan, lumayanlah –jadi ketahuan saya tidak pernah beli laptop baru,haha.

Yang mau saya share disini dengan uraian yang saya sampaikan diatas adalah bagaimana cara memilih dan membeli laptop bekas supaya tidak tertipu dan mendapatkan laptop dengan kualitas terbaik. Bukan baru namun tidak kalah dengan yang baru.
laptop bekas
Kekurangan membeli laptop bekas adalah kita tidak bisa menentukan tipe laptop tertentu yang ingin dibeli. Semisal, saya ingin laptop acer one 10. Kalau kebetulan ada yang menjual bekas, tidak masalah. Nah, kalau tidak ada kan repot. Jadi sebaiknya Anda merencanakan membeli bekas melalui spesifikasi minimal yang Anda butuhkan. Semisal, saya ingin membeli laptop dengan minimal spec: processor i3 RAM 2Gb VGA HD 3000, maka dengan begini akan ada banyak pilihan laptop yang bisa Anda bandingkan.

Kekurangan lain adalah kita tidak tahu pasti apa yang dilakukan pemilik sebelumnya pada laptop yang akan kita beli. Kalau yang ini memang kita harus mengecek langsung laptop tersebut supaya tahu fisik dan kinerjanya. Dari fisik luar laptop biasanya akan diketahui karakter pemilik sebelumnya, jika terdapat banyak cacat dan goresan pada fisik laptop bisa dipastikan pemilik sebelumnya adalah orang yang ceroboh, jadi kemungkinan besar laptop tersebut sering atau pernah terbentu atau bahkan jatuh. Nah, daripada beresiko jangan ambil laptop yang seperti ini. Carilah yang masih mulus fisiknya. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak tips berikut ini untuk membeli laptop bekas yang bagus, murah dan berkualitas :

TENTUKAN KEBUTUHAN

Sama seperti membeli brand new laptop, jika Anda hanya bekerja dengan spreadsheet dan dokumen maka processor sekelas celeron atau AMD tipe APU sudah cukup, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana berlebih untuk sesuatu yang belum tentu Anda pakai. Lebih parah lagi jika Anda membeli sesuatu yang belum tentu Anda pakai dengan harga yang bisa untuk mendapatkan laptop baru dengan spesifikasi yang pas dengan kebutuhan Anda. Kan sayang. hehe..

Sebaliknya, jika Anda membutuhkan spesifikasi yang cukup untuk bekerja dengan desain, editing musik atau video maka minimal sekelas i3 dengan RAM 4 Gb dll, saya yakin Anda lebih tahu kebutuhan Anda. Jadi, tentukan spesifikasi minimal calon laptop Anda.

Berikut ini saya sertakan saran spesifikasi berdasarkan kebutuhan:

LaptopRAM (memory)Processor (speed)
Basic Use
Email, berinternet, berbagi gambar, kebutuhan kantor ringan, personal finance
2 Gb
1 GHz
Intermediate Use
Semua yang diatas plus unduh/ mengatur musik, basic software kreatif, kebutuhan kantor yang berat
4 Gb
2 GHz
Advanced Use
Semua yang diatas plus Film/Foto/Musik editing, game, web hosting, fitur canggih lainnya
6 Gb+
4 GHz

SURVEY 

Banyak sekali toko atau penjual laptop bekas, pastikan Anda telah mensurvey penjual-penjual tersebut. Selain memperbanyak pilihan laptop, Anda juga dapat membandingkan pelayanan. 

Jika toko atau penjual tersebut mempunyai website, kunjungi dan cek apakah ada laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan Anda setelah itu baru kunjungi tempatnya dan cek fisiknya secara langsung. Cek juga layanan konsumennya, apakah mereka memiliki garansi untuk barang yang mereka jual atau mereka memiliki penawaran lain sebagai bagian dari pelayanan pelanggan. Karena hal tersebut dapat membuktikan bahwa mereka penjual yang profesional dan bisa dipercaya. 

Jika Anda beli dari perorangan, memang agak riskan, maka pastikan Anda mengetahui sejarah dari laptop tersebut, seperti mengapa dijual, sudah berapa lama, apakah pernah jatuh atau kecelakaan yang lain, apakah garansi laptop masih ada dll.

AJAK TEMAN YANG MENGERTI IT/KOMPUTER

Jika Anda awam dengan dunia laptop maka ada baiknya Anda mengajak teman atau rekan yang mengerti laptop, hal ini dibutuhkan untuk mengecek laptop apakan masih bagus dan layak untuk digunakan. Karena cek laptop bekas bukan hanya dari fisik saja melainkan juga software, driver, kinerja harddisk dan fungsi-fungsi lain yang dimiliki laptop tersebut.

Sebenarnya dengan mengajak orang yang mengerti IT, Anda tidak perlu meneruskan membaca artikel ini. Namun, jika Anda masih penasaran, ya, silahkan lanjutkan membaca. Open-mouthed smile

CEK HARGA PASARAN

Bagaimanapun alasan utama membeli bekas adalah karena keterbatasan dana, maka kewajiban Anda adalah membandingkan harga bekas dengan harga baru. Apakah harga tersebut wajar atau kurang ajar, hehe.. karena terkadang ada juga yang menjual laptop bekasnya dengan harga yang terlalu murah, eh, ujung-ujungnya bekas jatuh atau ada kerusakan lain. 

Cari harga wajar untuk sebuah laptop bekas yang pastinya dibawah harga laptop yang baru, jangan terlalu murah karena –menurut saya—itu meragukan. 

CEK SEGEL LAPTOP

Segel laptop adalah bukti bahwa mesin masih belum pernah dibuka, artinya laptop tersebut belum mengalami kerusakan yang parah sehingga membutuhkan bongkar mesin. Dan itu bagus, karena hal tersebut sedikit membuktikan bahwa laptop bekas tersebut masih dalam keadaan baik –tidak ada bagian yang diganti atau dikurangi, seperti RAM, Harddisk atau Optik.

GARANSI KERUSAKAN

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa garansi dari toko itu membuktikan bahwa laptop tersebut baik-baik saja, karena penjual berani menjamin servis secara gratis pada laptop tersebut berarti penjual juga yakin bahwa laptop tersebut masih bagus.
laptops

KELENGKAPAN LAPTOP

Tanyakan apa yang Anda akan dapatkan jika membeli laptop tersebut. Memang yang Anda butuhkan hanya perangkat laptopnya saja, namun jika kelengkapan lain masih ada seperti CD driver bawaan laptop, tas dan aksesoris lain itu akan memudahkan Anda jika suatu saat Anda instal ulang atau keperluan lainnya.

Yang saya dapati di beberapa toko yang menjual laptop bekas, kelengkapan yang mereka tawarkan adalah Laptop dan Charger, memang itu yang akan kita pakai namun pastikan Anda menanyakan dimana bisa mendapatkan driver laptop tersebut. Biasanya mereka memiliki driver pack yang lengkap, mintalah untuk mengganti CD driver yang tidak ada.

KONDISI BATERAI DAN CHARGER

Laptop adalah masalah mobilitas, jika Anda harus tergantung dengan colokan listrik, tidak ada bedanya dengan Anda membeli PC desktop. hehe. Jadi pastikan baterai laptop bekas tersebut masih berfungsi dengan baik, minimal 2 jam-lah, lebih lama lebih baik. Smile

Charger juga sama, cek-lah apakah berfungsi dengan baik dengan melakukan pengecasan pada laptop dan lihat apakah baterai laptop terisi dengan baik, cek juga apakah charger tersebut asli bawaan laptop atau bukan, karena jika bukan asli bawaan laptop itu bisa mempengaruhi harga, artinya Anda bisa menawar lebih murah lagi.

KONDISI FISIK

Hal ini sudah saya singgung diatas, tapi baiklah saya tulis ulang disini, fisik laptop bekas bisa mencerminkan sejarah laptop dengan pemilik sebelumnya, jadi cek apakah fisik laptop tersebut masih mulus ataukah ada goresan, jika goresan masih bisa dimaklumi maka belilah, namun jika goresan parah maka carilah laptop yang lain.

Apa saja yang perlu dicek dari fisik laptop? 

Perhatikan setiap sudut laptop, periksa apakah ada goresan atau cacat. Semakin mulus semakin baik. Selanjutnya periksa juga bagian casing, port-port USB, SDcard, port audio, koneksi wifi, dll. Periksa apakah semuanya dalam keadaan baik dan berfungsi dengan baik. Lalu, periksa kondisi engsel laptop, engsel laptop adalah bagian yang sensitif dan rentan rusak jika pengguna tidak hati-hati.

Periksa juga layar laptop apakah ada dead pixel atau gangguan layar yang lain. Keyboard dan mouse pad adalah bagian penting yang harus di cek, Anda bisa memanfaatkan aplikasi keyboard test untuk mengetesnya.

BELILAH LAPTOP DENGAN MERK TERNAMA

Anda membeli laptop bekas, pastikan laptop yang Anda beli ber-merk terkenal. Carilah diforum-forum merk laptop yang awet dan terjamin kualitasnya. Dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan brand laptop maka Anda akan lebih bijak dalam memilih laptop. 

Oke, itulah beberapa saran dari saya jika Anda ingin membeli laptop bekas. Semoga artikel tentang tips membeli laptop bekas berkualitas ini bermanfaat, jika Anda memiliki saran atau pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah artikel ini. Terimakasih.



 




Share This Article


2 Responses to "Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas"