Cara Mengatasi Lampu Indikator Epson L110 yang Menyala terus

Cara mengatasi lampu indikator printer yang menyala terus | Kantor identik dengan dokumen, dokumen identik dengan printer. Bagaimana jika printer mengalami masalah? ya, kantor tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Teori yang logis bukan?

Nah, kali ini saya akan berbagi cerita serta tips mengenai permasalahan yang terjadi pada printer. Lebih spesifik lagi permasalahan pada printer Epson L110. Itu printer di kantor saya.

Printer Epson L110—kalau Anda belum tahu—adalah printer keluaran Epson yang memiliki tangki tinta eksternal dari pabrik. Jadi bukan seperti kebanyakan printer yang memakai ‘infus’ untuk mengisi tinta. Hal ini tidak membuat Epson L110 lebih irit –menurut saya—melainkan membuat printer ini mampu mencetak lebih banyak kertas karena persediaan tinta banyak.

Tidak dapat dipungkiri jika kualitas hasil cetak tergantung pada tinta yang dipakai, sehingga Epson L110 mengharuskan konsumennya untuk memakai tinta keluaran Epson yang didesain khusus untuk printer ini. Harga terakhir tinta pada Oktober 2015 adalah Rp 120.000,- per warna.

Printer Epson L110

Walaupun begitu, printer Epson l110 juga barang elektronik yang bisa error. Hal tersebut terjadi di kantor saya beberapa waktu lalu. Jadi, ketika itu lampu indikator berkedip, namun masih bisa saya pakai untuk mencetak. Setelah mencari tahu apa penyebabnya, ternyata lampu tersebut mengingatkan kita bahwa tinta di tabung/tangki sudah mendekati batas minimal dan harus segera diisi. Oke, tinta saya isi dan printer saya gunakan seperti biasa. Anehnya lampu indikator tersebut tetap menyala. Waktu itu saya tidak begitu pedulikan karena, toh, masih bisa saya pakai untuk mencetak.

Nah, kemarin printer tersebut berulah kembali, tombol paperjam pada printer menyala merah padahal tidak ada kertas yang terselip atau tersangkut di printer. Saya pikir karena kertas habis, jika demikian seharusnya ada peringatan di desktop bahwa kertas habis, tetapi tidak ada sama sekali peringatan yang muncul. Ketika saya pakai untuk mencetak muncul peringatan bahwa tinta habis, padahal ketika saya lihat masih penuh—kan, sudah saya isi waktu lampu berkedip tempo hari.

Saya sudah coba untuk tekan-tekan tombol tersebut namun tidak membuahkan hasil, sedangkan printer dibutuhkan untuk urusan kantor. Akhirnya saya mencari-cari lagi cara di internet supaya printer tersebut kembali normal.

Dapat!

Ternyata penyebabnya adalah walaupun di tabung tinta sudah saya isi penuh, software tidak mengetahui hal tersebut entah karena tidak ada sensor tinta atau bagaimana, yang jelas diketahui adalah tinta yang habis, sehingga sistem memerintahkan lampu indikator untuk menyala. Sehingga untuk mengatasi hal ini adalah kita melakukan charging tinta dengan cara manual dari hardware. Caranya cukup mudah, berikut urutannya :

  1. Tekan dan tahan tombol resume (yang menyala) selama 5 detik, kemudian lepas.
  2. Tekan dan tahan kembali tombol resume selama 3 detik kemudian lepas lalu dengan segera tekan lagi tombol resume selama 1 detik.
  3. lepaskan.

Cukup mudah bukan? dengan cara ini printer Epson l110 saya sudah betul dan lampu indikator tidak menyala lagi. Cara ini juga dapat digunakan untuk printer Epson berseri L lain.

Memang banyak permasalahan yang mungkin terjadi dengan gejala seperti yang saya sebutkan diatas, ini adalah salah satu solusi yang kebetulan berhasil saya aplikasikan di printer tersebut. Jika printer Anda masih bermasalah, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah artikel ini, jika saya bisa akan saya bantu. Dan kalau ada kritik atau saran lain yang Anda ingin sampaikan, jangan sungkan untuk menuliskannya juga di kolom komentar. Karena mungkin saran Anda akan berguna dan bermanfaat bagi teman-teman yang lain.

Semoga tips dan trik tentang cara memperbaiki lampu indikator Epson L110 yang menyala terus ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.


Share This Article


23 Responses to "Cara Mengatasi Lampu Indikator Epson L110 yang Menyala terus"

  1. saya sudah coba praktek tekan 5 lanjut 3 lanjut 1 detik..tapi ndak menyelesaikan masalah, malah jadi nyala terus indikator tintanya....knapa ya gan ? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Bravoooo bgtt infonya,,,,printer ane kembali normal!!! mksh gan

    BalasHapus
  3. Trims banget bro....sangat berguna sekali infonya....

    BalasHapus
  4. Saya sudah coba cara dengan tekan 5 detik, 3 detik kemudian 1 detik, tapi lampu indikatornya masih menyala
    minta bantuannya dong

    BalasHapus
  5. kalau printer epson l800 caranya gimana gan?? mhon solusinya gan....

    BalasHapus
  6. sangat membantu....terima kasih...

    BalasHapus
  7. Terimakasih solusinya mas, alhamdulillah berhasil, dn printer L110 saya normal kembali

    BalasHapus
  8. hehehe... kok bs gitu ya, pncet.. pencet.. pencet..
    dan sikuningpun lewat

    BalasHapus
  9. oh cuman gitu doang ya hahaha, thanks ya gan infonya

    BalasHapus
  10. mas gimana kl lampu on off dan lampu kertas nya berkedip sama2..mohon solusinya..krn cara yg mas kasih blm berhasil..

    BalasHapus
  11. Awalnya kedap-kedip karena dikiranya tinta akan habis. Saya coba percobaan pertama, indikator malah menyala terus karena software mengira tintanya sudah habis beneran. Saya coba lagi di percobaan kedua. FIX!!! Sangat membantu. Terima kasih ya

    BalasHapus
  12. BRAVO......

    THANKS....INFONYA,,,,,

    BERHASILLL

    BalasHapus
  13. thanks infonya

    berhasilllllll

    BalasHapus
  14. semoga masih dibalas, bang klo tombol resumenya rusak gak bisa dipencet gimana? adakah solusi lain? pake software misalnya, ane sudah coba pake resseter memang sudah bisa buat ngeprint tapi indikatornya masih kedip2

    BalasHapus
  15. Gan epson l110 sy saat baru di nyalakan semua lampu indikator power,kertas dan tinta berkedip besamaan, penyabab ny apa ya???

    BalasHapus