VirtualBox hanya menyediakan instalasi untuk 32bit OS di 64bit OS

VirtualBox hanya menunjukan 32bit pada 64bit host | Pendidikan saat ini sudah berkembang mengikuti perkembangan teknologi, sistem pengajaran menggunakan TIK sudah umum dilakukan oleh banyak lembaga kependidikan. Kelas dengan kelengkapan seperti LCD Screen dan proyektor, sound system, internet dan ada pula yang menyediakan laptop untuk peserta didik. Semua itu dilakukan demi mengikuti perkembangan teknologi dan diharapkan pula perkembangan pendidikan yang berimbas pada perkembangan peserta didik –widih, ngomongnya tinggi!! haha.

UNBK adalah sebuah tes yang juga memanfaatkan teknologi sebagai dasar sistem. Ini adalah salah satu terobosan baru dari Kementerian Pendidikan yang nantinya akan dilaksanakan oleh semua sekolah. Saya pribadi, sih, masih belum benar-benar tahu baik dan buruknya sistem ini karena belum pernah mengalaminya secara langsung dan hanya membaca komentar-komentar orang lain, jadi untuk memutuskan bahwa sistem ini lebih baik dari sistem sebelumnya saya belum bisa menjawab. haha.

Nah, yang saya ingin sampaikan disini adalah saya didapuk menjadi teknisi untuk UN disekolah saya nanti. Otomatis saya bertanggung jawab untuk installasi kebutuhan-kebutuhan UNBK salah satunya adalah virtual box untuk instalasi windows server dari pusat, alasan memakai virtualbox adalah supaya instalasi sistem lebih mudah dan terhindar dari kesalahan instalasi software UN-nya, sehingga di-compile sekalian sama sistem operasinya.

virtualbox

Inilah yang akan saya bahas disini –intro artikelnya gak nyambung ya? biarin, dah..hehe—Virtualbox, sebuah sarana yang bisa kita pakai untuk menginstal OS didalam OS. Bit virtual box itu mengikuti bit yang dimiliki oleh Host (OS utama) jika host hanya memakai 32bit maka virtualbox juga hanya akan menyediakan pilihan untuk 32bit. Namun jika host kita 64bit, ternyata virtualbox tidak langsung mengijinkan kita menginstal 64bit OS didalamnya, itulah yang saya alami kemarin.

File UNBK yang saya instal adalah 64bit, saya mengistal virtualbox di host 64bit dengan RAM 8Gb, processor i7 dan memakai Windows 7. Saya pikir dengan spesifikasi ini tidak akan ada hambatan saat instalasinya. Ternyata saya salah, virtualbox yang saya instal hanya mengijinkan instalasi 32bit OS.

Saya mencari beberapa cara di forum-forum, dan akhirnya menemukan penyebab virtualbox tidak mengijinkan instalasi 64bit OS. Hal tersebut disebabkan oleh pengaturan Virtualization Technology di BIOS yang masih Disable. Ubahlah virtualization Technology di BIOS menjadi Enable, maka permasalahan ini akan teratasi. Ternyata cukup mudah, bukan? hehe..

Ada banyak istilah yang digunakan oleh BIOS untuk mendeskripsikan fitur Virtualization Technology ini, tergantung merk mungkin. Namun yang jelas adalah selalu ada kata “Virtual”, ingat kata itu supaya Anda lebih mudah mencarinya di BIOS. Biasanya ada di tab Security atau Option.

virtualization

Cara masuk BIOS adalah matikan komputer Anda dan hidupkan.

Lalu tekan tombol DEL atau tombol Function (F1,F2,F3,etc), berbeda-beda untuk setiap brand/versi motherboard. Anda juga bisa perhatikan tulisan berwarna putih ketika layar menunjukan merk motherboard yang Anda pakai, biasanya disitu tertulis apa yang harus ditekan untuk masuk BIOS/Setup.

Setelah Anda masuk carilah Virtualization Technology di tab-tab yang tampak, mungkin di option atau security. Jika BIOS Anda masih versi lama biasanya virtualization Technology ada di Security, kalau BIOS Anda sudah memakai UEFI biasanya virtualization Technology ada di tab Option atau Advanced.

Jika sudah di Enable, tekan F10 untuk keluar dari BIOS dan menyimpan perubahan yang Anda lakukan. Sekarang cobalah virtualbox  Anda, apakah sudah menunjukan pilihan untuk 64bit? Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa virtualbox harus di uninstal dahulu lalu diinstal lagi supaya bisa berjalan seperti yang kita mau, namun yang saya alami saya tidak perlu mengistal ulang virtualbox tersebut dan langsung bisa. Entahlah, silahkan Anda coba sendiri.

Oiya, jika Anda memakai host Windows 8, 8.1 maka Anda juga harus menonaktifkan hyper-v pada windows feature. Ketik saja “feature” pada search box dan  pilih "Turn windows feature on or off” maka akan muncul jendela windows feature, carilah Hyper-V dan pastikan bahwa feature tersebut tidak tercentang.

Nah, semoga artikel tentang cara memunculkan pilihan 64bit pada virtualbox ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.


Share This Article


5 Responses to "VirtualBox hanya menyediakan instalasi untuk 32bit OS di 64bit OS"

  1. Juragaan...mau Tanya kalo EXAMBRO nya bisa di install di win 10 64bit tdk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya belum mencoba..sepertinya bisa, soalnya ada beberapa teman yang memakai windows 10 juga.

      Hapus
  2. kasus yang sama seperti saya pada saat instal Vbox di laptop saya asus N551zu, padahal pake prosesor AMD FX 7600 ram 8GB, ga bisa 64 bit saat instal Virtual OS di VBox, . padahal laptop saya mendukung Virtualization, sudah saya cek pake software, tapi blm aktif kali ya di bios nya.

    BalasHapus
  3. Mungkin, coba di cek saja dulu..

    BalasHapus
  4. Gan kalau punya saya.. bisa pake yang manapun tapi ketika disambungkan dengan windows aslinya di virtual ke windows ga bisa

    BalasHapus