Whatsapp di Android Rentan Pencurian Data

Whatsapp di Android Rentan Pencurian Data  - WhatsApp yang baru saja dibeli Facebook memang mengklaim bahwa mereka tidak menyimpan data percakapan di server-nya. Namun, ahli keamanan tetap menyebut WhatsApp memiliki celah keamanan, sudah banyak situs yang membeberkan alasan mereka menyebut Whatsapp tidak aman. Alasanya adalah WhatsApp menyimpan history percakapan pada kartu telepon, yang dapat diakses oleh banyak aplikasi lain di telepon selama pengguna memberikan izin ke aplikasi tersebut. Masalah ijin ini adalah masalah infrastruktur kemanan untuk aplikasi Android, dan juga WhatsApp tentunya. Dari lubang keamanan tersebut, aplikasi jahat bisa mengakses database percakapan WhatsApp. Savvy mencatat bahwa ini sebenarnya bukan sebuah hasil hack tetapi lebih dari masalah sistem data sandboxing Android .

whatsapp

Dalam rilis terbaru, WhatsApp sebenarnya telah mulai mengenkripsi database ke titik dimana ia tidak dapat dibuka oleh SQLite, tapi ada yang melaporkan bahwa ia dapat mendekripsi database dengan script Python sendiri. Dengan demikian, percakapan dari satu perangkat Android bisa diunduh oleh perangkat lain. Basis data WhatsApp yang disimpan di kartu penyimpanan kartu memori juga bisa dicuri oleh aplikasi lain. Aplikasi ini membuat basis data sendiri dalam kartu memori pengguna perangkat Android. Karena itu, WhatsApp menjadi rentan terhadap aplikasi lain. Bisa saja developer yang jahat membuat aplikasi lain yang memiliki kemampuan untuk memecahkan enkripsi yang digunakan WhatsApp sehingga bisa mengakses percakapan pengguna.

Sampai berita ini diturunkan, WhatsApp belum mengeluarkan tanggapan resminya atas temuan ini.

So, what’s the way out? untuk menghindari resiko dari pencurian dadta ini, berhati-hatilah saat memberi ijin applikasi yang mencurigakan mengakses SD Card anda. Masih belum diketahui secara pasti apakah WhatsApp atau Android yang patut dipersalahkan atas kerentanan ini.

Bagaimana, apakah anda masih memakai Whatsapp? atau apakah anda yakin untuk memakai android? iOS dibilang lebih aman untuk urusan ini. Saya sih masih tetap android, murah sih..hahaha.. Semoga artikel Whatsapp di Android Rentan Pencurian Data bermanfaat bagi anda. Terimakasih

Sumber : Berbagai Sumber


Share This Article


0 Response to "Whatsapp di Android Rentan Pencurian Data"

Posting Komentar