Cara Menyalakan Komputer dari Jarak Jauh dengan Wake On LAN

Cara Menyalakan Komputer Dari Jarak Jauh | Mengurus laboratorium komputer adalah hal baru bagi saya, walaupun sudah bekerja dibidang ini selama kurang-lebih 2 tahun namun masih banyak yang saya belum ketahui tentang laboratorium ini. Singkat cerita, saya setiap tahun ketika murid-murid libur (dimana saya bebas ber-eksperimen di laboratorium komputer) saya mencoba mengembangkan kemampuan lab saya.

Seperti yang akhir tahun ini saya lakukan, hal pertama yang saya lakukan adalah meng-update Windows 7 ke Windows 10. Bukan hal yang baru memang,  namun hal ini yang mengantarkan saya ke sesuatu yang baru yang akan saya ceritakan.

Setelah menginstal Windows, yang saya lakukan adalah mengistal class management untuk mempermudah saya menginstal driver dan software dari satu tempat. Namun, karena banyak yang harus di instal, akhirnya saya lanjutkan esok hari karena jam kerja saya sudah selesai.

Esoknya, komputer saya nyalakan lagi satu persatu. Capek.

Lalu saya berpikir apakah tidak ada cara untuk menyalakan semua komputer dari satu tempat sehingga dapat menghemat tenaga? Ternyata class management saya menjawab pertanyaan saya dengan tersedianya tombol “Power Up”.

Saya coba tombol tersebut, hasilnya nihil.

Setelah saya cari-cari di internet, ternyata ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum sebuah komputer dapat dinyalakan dari jauh. Yaitu mengubah settingan yang ada di BIOS komputer dan juga pengaturan di Network Card pada Device Manager. Pengaturan ini dikenal dengan nama Wake on lan (WOL).

WOL memerlukan beberapa syarat agar fitur ini dapat berjalan dengan baik. Komputer harud terhubung ke jaringan, harus ada perangkat lain yang terhubung ke komputer tersebut yang dapat mengirim Magic Packet untuk menyalakan komputer target (dalam hal ini dapat berupa server), memiliki software atau sarana lain yang dapat mengirimkan perintah ke NIC komputer target.

Kelihatannya susah, namun nyatanya kita hanya perlu mengubah sedikit pengaturan tersebut. Oke, saya tahu Anda sudah tak sabar untuk mengetahuinya, untuk itu berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Mengaktifkan  WOL di BIOS

1. Masuk BIOS

2. Di tab Power Management Setup cari pilihan Wake on lan –beda motherboard beda istilah—atau silahkan cari salah satu dari pilihan berikut di BIOS Anda:

  • Power on by PCIE Devices
  • Remote wake up
  • PowerOn by PCI Card
  • WOL (Wake on LAN) in S4
  • Wake-Up by PCI Card

APM Configuration

3. Ubah settingan Disabled pada pilihan no.2 menjadi Enabled

4. Simpan (F10)

Setelah WOL pada board aktif, sekarang waktunya kita men-setting NIC di device manager, berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk Device Manager

2. Cari pilihan Network Adapter, klik kanan pada NIC Anda dan pilih Properties

Ethernet Properties

3.  Pada tab Power Management centang Allow this device to wake the computer

Power Management

4. Klik tab Advanced scroll kebawah pada list dan temukan Wake on Magic Packet, ubah value pada sisi kanan menjadi Enabled.

Wake on Magic Packet

5. Klik OK.

Selesai. Dengan begini komputer Anda sudah siap untuk menerima data pada LAN card untuk menghidupkan sistem.

Saya memakai class management bernama iTalc yang merupakan software opensource gratis yang bisa didapatkan disini. Untuk mengaktifkan fitur Power on pada iTalc, kita perlu memasukkan mac address komputer target ke software tersebut. Berikut cara untuk mendapatkan Mac Address komputer:

1. Buka Comand Prompt (cmd) dengan cara tekan Windows + R dan ketik cmd lalu Enter

2. Ketik ipconfig /all

3. Cari Physical Address, itu merupakan Mac Address komputer

Nah, itu dia cara mengaktifkan WOL pada komputer. Saya asumsikan Anda sudah mengetahui cara meremote komputer target untuk memanfaatkan fitur ini. Saya sendiri menggunakan iTalc pada server laboratorium komputer saya.

Semoga artikel cara menyalakan komputer dari jarak jauh ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.


Share This Article


2 Responses to "Cara Menyalakan Komputer dari Jarak Jauh dengan Wake On LAN"