Hapus Bundleware Percepat Kinerja Komputer

Cara mengatasi komputer lemot karena Bundleware | Pernah dengar istilah Bundleware? Apa itu Bundleware? dinamai Bundleware karena developer mem’bundel’ banyak program di satu instalan program. Bundel berarti menyatukan beberapa benda, dalam hal ini program. Biasanya bundleware ada di Freeware.

Instalasi program tersebut akan meng-instal program utama yang anda inginkan sekaligus program lain yang tidak ingin anda instal. Hal inilah yang akan membuat komputer anda lemot/ lambat. Nah, artikel berikut ini akan membahas tentang Bundleware dan cara mencegahnya terinstal di komputer anda dan juga cara menghapusnya.

Ada dua kemungkinan bundleware terinstal di komputer kita. Kemungkinan pertama bundel tersebut ada dalam program utama yang kita instal, kemungkinan kedua adalah situs download yang biasanya ‘memaksa’ anda menginstal download manager-nya yang kemudian akan menyelinapkan PUP (Potentially Unwanted Programs).

Apa sih Bundleware?

don't install

Biasanya, ketika anda menginstal software gratis anda mungkin akan mendapati bahwa paket instalan anda juga terdapat beberapa program lain yang anda kemungkinan besar tidak tahu fungsinya. Mungkin dibeberapa kasus program lain tersebut dibutuhkan untuk mensupport program utama supaya dapat berjalan. Namun, dibanyak kejadian program tersebut adalah trialware atau PUP (Potentially unwanted programs) yang tidak anda kehendaki. Akan sangat sulit untuk mengetahui apa saja yang telah terinstal –namun cara menghapusnya terkadang sangat mudah.

Contoh bundleware adalah ketika anda mengistal suatu program, anda mungkin akan mendapati telah menginstal Yahoo Toolbar dan program tersebut telah mengubah settingan browser anda – atau ketika anda menginstal  salah satu program dari Adobe, program McAfee juga akan terinstal di komputer anda.

Ada lagi bundleware yang sangat merugikan, yaitu bundleware yang mengganggu kinerja komputer anda. Terkadang, anda harus menghapus semua program sebelum anda dapat menggunakan komputer anda secara normal.

Cara menghapus Bundleware

1. Perhatikan ketika anda menginstal Software

Cara terbaik ketika berurusan dengan bundleware adalah dengan memperhatikan instaler ketika anda menginstalnya, biasanya bundleware akan menawarkan apakah anda mau menginstal program lain selain program utama.

Untuk menghindari program yang tidak anda inginkan, biasanya diawal menginstal anda akan dihadapkan pada jendela instalasi untuk memilih “Express Instalation/Recommended” atau “Custom”. Silahkan anda pilih “Custom” supaya anda menginstal program tersebut secara bertahap dan mendetail. Proses di jendela instalan jika anda perhatikan biasanya akan ada pilihan ‘Accept’,’Decline’ baca baik-baik apa yang ditawarkan disitu, jika anda tidak tahu kegunaannya atau sama sekali tidak mempunyai klu tentang tawaran tersebut maka jangan ragu untuk memilih ‘Decline’ karena program tersebut kemungkinan besar adalah crapware/PUPs.

bundleware

2. Control panel

Jika software bundel sudah terlanjur ada di komputer anda, maka cara terbaik untuk menghapusnya adalah melalui Programs and Feature di Control Panel. Urutkan data di jendela Program and Feature sesuai tanggal penginstalan, lihatlah tanggal dimana anda menginstal bundleware jika anda melihat program selain program utama pada tanggal yang sama maka kemungkinan besar itulah yang ingin anda hapus. Cara menghaspusnya adalah pilih nama program yang ingin dihapus klik kanan lalu pilih Uninstal/remove.

Perlu diperhatikan bahwa ada kemungkinan program tersebut adalah pendukung dari program utama. Maka, jika anda tidak yakin anda bisa mencari informasi dari internet berdasarkan nama program yang anda kira adalah Unwanted Program. Ada banyak informasi dari internet yang dapat memberitahu anda tentang program tersebut. Berdasarkan hasil pencarian tersebut anda bisa memutuskan apakah program tersebut bisa dihapus atau tidak.

3.  Task Manager

Di beberapa kasus, program yang terinstal karena bundleware tidak bisa dilihat di Program and Feature. Jika anda merasa program yang anda instal menyertakan PUPs di komputer anda maka tekan CTRL, Alt dan Del untuk masuk ke jendela Task Manager. Pilihlah tab Processes dan perhatikan semua program yang sedang berjalan. Jika anda menyadari ada program yang tidak anda ketahui, lakukanlah pencarian di internet mengenai program tersebut. Jika anda telah yakin program tersebut dapat mengganggu kinerja komputer anda maka tekan klik kanan pada nama program tersebut untuk pilihan lainnya. Anda dapat mengakhiri prosesnya atau melakukan hal lain.

Anda dapat memanfaatkan software dari pihak ketiga untuk mencegah program tersebut berjalan. WinPatrol adalah salah satu program yang direkomendasikan oleh www.thewindowsclub.com.

Jika anda masih mengalami kesulitan, dan mengalami masalah setelah menginstal program baru ada baiknya anda melakukan System Restore pada komputer anda.

Nah, semoga artikel tentang cara mencegah/menghaspus Bundleware supaya komputer tidak lemot ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Hapus Bundleware Percepat Kinerja Komputer"

Posting Komentar