Cara Mengatasi Komputer Lambat Karena Drive C Penuh

Drve C penuh penyebab komputer lambat | Ada berbagai macam alasan kenapa komputer/PC/laptop menjadi lemot/lambat dalam bekerja. Virus bisa menjadi alasan pertama yang terpikir oleh kita, Bundleware dapat juga menjadi penyebabnya. Dua penyebab yang saya sebutkan tadi hanya sedikit dari berbagai macam sebab komputer menjadi lambat.

Yang ingin saya sharingkan kali ini adalah penyebab komputer menjadi lambat dikarenakan drive C yang mulai penuh, kalau di Windows7 akan terlihat di explorer kalau drive C anda berwarna merah.

Pertama kita perlu memahami dulu kenapa drive C yang penuh membuat komputer lambat, penjelasannya adalah karena drive C –umumnya- dipakai untuk sistem operasi, nah, di windows ada file bernama Pagefile.sys tugasnya adalah ketika anda menjalankan program yang membutuhkan RAM besar dan ternyata RAM anda kurang besar, pagefile.sys akan ‘meminjam tempat’ sebagai virtual memory swap untuk membantu pekerjaan RAM sehingga program anda dapat berjalan.  Tempat yang dipinjam oleh pagefile.sys tersebut adalah –umumnya- drive C dimana OS Windows anda terinstal.

Pagefile.sys membutuhkan tempat kira-kira 30% dari besar RAM anda. Jadi, idealnya sisakan tempat di drive C untuk kebutuhan pagefile.sys tersebut. Jika tempat tersebut tidak ada dan RAM anda kurang maka terjadilah komputer anda lambat alias lemot tadi.

drive C penuhLalu, apa yang menyebabkan drive C penuh?

Berikut ini adalah beberapa penyebab sekaligus cara mengatasinya :

  1. Terlalu banyak software/aplikasi yang terinstal, masalah ini dapat anda atasi dengan masuk ke Control Panel –> Programs and Features. Pilihlah program yang sekiranya tidak anda pakai, lalu Unintall program tersebut.
  2. System Restore, meskipun fitur ini cukup penting seperti yang pernah saya share disini , namun fitur ini juga cukup memakan banyak tempat. Jika drive C anda kritis, anda bisa menghapus restore point anda. Caranya tekan Start klik kanan pada Computer pilih Properties lalu tekan System Protection. Di jendela Available Drives pilih drive system anda/drive C lalu klik tombol Configure setelah itu klik Delete.
  3. File Temporary yang berlebih, anda dapat menghapusnya dengan cara Start lalu ketik %temp% pada kotak pencarian lalu tekan enter pada keyboard. Hapus semua file yang ada di folder tersebut, jika ada file yang digunakan oleh windows maka akan ada pemberitahuan, silahkan anda skip.
  4. File yang ada di drive C, banyak orang tidak mengetahui bahwa folder Documents, Pictures, Music, Videos adalah bagian dari drive C. Maka jika folder tersebut terisi file pribadi anda, silahkan pindah data tersebut ke drive lain. Lalu cek apakah browser default folder untuk download ada di C atau tidak, jika iya silahkan pindah ke drive lain.

Anda juga dapat menjalankan Disk Cleanup atau CCleaner untuk menanggulangi kemungkinan kemungkinan lain, anda juga dapat melakukan Defrag pada komputer anda untuk mengatur kembali file-file yang berantakan. Jangan lupa untuk mengupdate antivirus anda untuk berjaga-jaga jika virus menyerang komputer anda.

Itulah beberapa sebab sekaligus cara mengatasi komputer lambat karena drive C penuh, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Mengatasi Komputer Lambat Karena Drive C Penuh"

Posting Komentar