Cara Mudah Membuat Restore Point

Cara membuat Restore Point | Kemarin saya sudah men-share cara menggunakan System Restore, sekedar me-refresh informasi saja System Restore merupakan fitur dari Windows yang berguna untuk menyimpan setting komputer di waktu tertentu (disebut Restore Point) yang nantinya akan berguna untuk mengembalikan settingan komputer ke setingan sebelumnya jika suatu waktu komputer anda mengalami masalah. Untuk lebih lengkapnya artikel tersebut dapat anda baca disini.

 System Restore, Kembalikan Performa Komputer

Nah, seperti yang sudah saya tuliskan pada artikel tersebut, Restore Point akan terbentuk secara otomatis pada saat anda update Windows atau menginstal software tertentu.  Namun, disisi lain terkadang kita malas untuk update driver Windows karena beberapa alasan sehingga restore point akan sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali.

Untuk mengatasi hal itu, Windows memperbolehkan kita untuk membuat restore point sendiri tanpa perlu untuk upate driver atau mengistal software tertentu. Langkah-langkahnya juga mudah, tidak sulit.

Sebelum membuat retore point, yakinkan bahwa komputer anda dalam kondisi yang baik, stabil dan lancar. Karena kondisi komputer saat itu yang akan dibuat acuan untuk restore point-nya.

Setelah anda yakin, berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan :

  1. Buka System Restore dari Start menu dengan meng-klik Accessories -> System Tools -> System Restore.
  2. Klik Open System Protection (berupa text berwarna biru).
    restore point
  3. Pilih Drive yang akan anda buat sebagai restore point –karena sistem windows biasanya ada di drive C: maka anda akan memilihnya sebagai restore point.restore point on and off
  4. Setelah itu klik Create lalu akan ada jendela munculan untuk deskripsi anda, tulislah deskripsi anda untuk restore point yang akan anda buat. creating restore point
  5. Nah, restore point anda sudah selesai.

Mudah bukan?

Oya, sekedar informasi tambahan. Jika anda mengalami kesulitan mengakses Sytem Restore atau System Restore tidak berfungsi sebagaimana mestinya, anda dapat mencoba mengakses Sytem Restore melalui Safe Mode. Untuk membuka Safe Mode, restart komputer anda dan tekan F8 secara berulang ketika komputer reboot.

Semoga artikel tentang cara membuat restore point ini bermanfaat untuk anda, terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Mudah Membuat Restore Point"

Posting Komentar