System Restore, Kembalikan Performa Komputer

Kembalikan Performa Komputer Dengan System Restore | Tahukah anda bahwa Windows mempunyai fitur System Restore? Saya sudah sering menggunakan fitur ini, kegunaan dari fitur ini adalah untuk mengembalikan settingan Windows ke suatu waktu lampau yang telah di atur sehingga settingan setelah waktu tersebut akan hilang. Dalam kasus saya fitur ini biasa saya gunakan saat saya mensetting/instal sesuatu di komputer namun setelah itu komputer saya mengalami gangguan –bisa bermacam-macam entah lambat, gangguan bundleware, perubahan tampilan dll.

Kehebatan Sistem Restore adalah walaupun mengembalikan settingan ke waktu sebelumnya, file-file pribadi anda seperti dokumen, foto dll akan aman tanpa gangguan. Jadi jangan takut file anda akan terhapus, dijamin aman. Hanya program/aplikasi yang diinstal setelah restore point (waktu settingan system restore) yang akan terpengaruh.

restore point

Nah, kali ini saya akan share tahap-tahap yang perlu dilakukan untuk menjalankan System Restore. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Di Start Menu pilih All Program.
  2. Silahkan pilih Accessories –> System Tools –> System Restore.
  3. Jalankan System Restore menggunakan pilihan Recommended Restore. Langkah ini akan mengubah kembali Software yang baru saja terinstal, yang mungkin termasuk update driver yang anda lakukan di rentang waktu setelah restore point. Pilihan ini akan berjalan lebih baik jika dijalankan saat anda mengetahui ada kesalahan segera setelah anda menginstal software tertentu.
  4. Langkah lain yang bisa anda lakukan adalah memilih different restore point. Pilihan ini memberikan anda beberapa restore point. Lakukan langkah ini jika anda mengalami masalah pada komputer anda cukup lama –beberapa hari. Pilihlah restore point dimana anda yakin pada waktu itu komputer anda dalam keadaan paling baik.
  5. Setelah meng-klik Next dan memilih restore point maka akan ada jendela baru, klik Finish untuk menyelesaikan langkah ini. Maka komputer anda akan restart untuk menyelesaikan system restore.

Terkadang, anda tidak menemukan Restore Point tersebut. Ini bisa diakibatkan karena anda belum membuat restore point tersebut.

Biasanya ketika anda mengupdate driver Windows, Restore Point akan terbentuk secara otomatis. Ada juga beberapa software yang membuat restore point otomatis. Silahkan cek dahulu komputer anda, cek apakah sudah ada restore point-nya atau belum. Jika belum, buatlah. Karena System Restore akan sangat membantu anda.

Yep, cukup sekian dulu pembahasan tentang System Restore. Semoga artikel tentang cara menggunakan fitur system restore ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "System Restore, Kembalikan Performa Komputer"

Posting Komentar