Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Di Shut Down

Cara Mengatasi Windows 10 yang Tidak Bisa Di Shut Down | Suatu kali teman satu kantor saya minta tolong untuk membetulkan komputer kerjanya, katanya tidak bisa di Shut down. Setiap kali di shut down alih-alih mati, komputer tersebut malah ke mode sleep. Sehingga ketika mouse digerakkan atau keyboard ditekan layar monitor akan langsung menyala dan masuk ke desktop.

Saya belum pernah menemukan masalah seperti ini, komputer tersebut menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasinya. Pun, saya belum pernah bermasalah dengan Windows 10. Saya juga yang memasangkan Windows 10 ke komputer tersebut. Jadi, saya tahu bahwa sebelumnya komputer tersebut tidak ada masalah.

Satu yang saya tahu dari komputer tersebut adalah OSnya telah diupdate oleh teman saya ke Anniversary Update, sehingga hal tersebut membuat saya berasumsi bahwa masalah ini disebabkan oleh update sistem tersebut.

Internet lagi-lagi menyelamatkan reputasi saya sebagai teknisi. hehe.

Ternyata, hal ini adalah pengaturan yang di sediakan oleh Windows 10 untuk mempercepat start up. Jadi, komputer selalu siap untuk dipakai tanpa harus menunggu booting yang cukup memakan waktu. Dan, pengaturan tersebut dapat diubah. Cara mengubahnyapun cukup mudah. Kita akan masuk kebahasan itu sebentar lagi.

Satu hal lagi yang saya tahu adalah –berdasarkan pengalaman saya—pengaturan ini hanya tersetting pada komputer PC, tidak pada laptop yang memiliki baterai. Mungkin karena Microsoft menganggap bahwa PC langsung tercolok langsung dengan listrik sehingga tidak seperti laptop yang bisa mati secara tiba-tiba karena kehabisan baterai. Karena pada dasarnya pengaturan ini tidak membuat komputer benar-benar mati, sehingga jika kemudian komputer mati secara tiba-tiba data pada komputer akan terancam. Namun, mungkin Microsoft tidak memperhitungkan komsumen di Indonesia yang sering mati listrik, hehe.

Ya sudah, daripada membaca curhatan saya. Segera saja saya sajikan urutan cara untuk mengubah pengaturan tersebut. Berikut adalah urutannya:

1. Masuk ke Power Options, dengan cara klik Start –> Settings –> System –> Power & sleep –> Additional power settings

2. Di jendela Power Options, pilih Choose what the power buttons do

Power Options

3. Klik Change settings that are currently unavailable

Power Buttons

4. Hilangkan centang di Turn on fast start up (recommended)

5. Save changes

Sekarang coba shut down komputer Anda dan perhatikan hasilnya.

Cukup mudah bukan?, Sebenarnya ada beberapa cara lagi untuk mengatasi permasalahan –jika kita anggap ini permasalahan—ini, namun cara yang saya tawarkan ini merupakan cara termudah dan ampuh yang sudah sering saya aplikasikan ke komputer di kantor saya. Kenapa cari yang susah kalau yang gampang ada, kan?

Semoga artikel mengenai cara mengatasi Windows 10 yang tidak bisa di shutdown ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan dan atau saran serta cara lain, silahkan isikan pada kotak komentar di bawah ini. Terima kasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Di Shut Down"

Posting Komentar