Cara Mengatasi Layar iPhone Macet

Layar iPhone tidak merespon sentuhan | Banyak pendapat bahwa iPhone itu lebih kuat, stabil dan cepat daripada Android. Ada benarnya, iPhone bisa lebih cepat karena ‘daleman’nya tidak bisa di utak-atik seperti android sehingga setingan terjaga kestabilannya. Kuat karena bahan yang dipakai bukan plastik seperti kebanyakan device Android –entahlah, saya jadi ragu setelah melihat drop test iPhone 6 vs Samsung Galaxy S6 Edge di youtube.

Namun, sebagus-bagusnya iPhone tetap buatan manusia. Sehingga error kadang masih tak terelakan. Seperti kejadian berikut ini yang cukup membuat pusing pengguna iPhone. Touch screen tidak berfungsi, masalah ini dialami oleh teman saya. Sebenarnya bukan touch screen-nya yang rusak, namun sistem yang bekerja terlalu berat sehingga terjadi hang dan menyerang fungsi touch screen. Alhasil, iPhone tidak bisa untuk unlock screen –dimatikanpun juga tak bisa karena screen tidak merespon.

Menurut teman saya iPhone tersebut sebelum hang sempat dibuat mainan oleh anaknya. Entah diapakan oleh si anak akhirnya touch screen iPhone tidak merespon.

iphoneUntuk anda yang juga mengalami hal ini tidak perlu kuatir karena ada cara sederhana untuk mengatasi hal ini—setidaknya berhasil untuk kronologi yang saya ceritakan diatas. Berikut ini adalah cara membetulkannya :

Reset

Untuk mereset iPhone, tekan dan tahan tombol Home dan tombol Wake/Sleep secara bersamaan. Tahan terus sampai muncul ikon Apple dan menyala kembali, jangan hiraukan jika keluar ‘slide to power off’.

Nah, langkah yang cukup mudah bukan? itulah yang saya lakukan terhadap iPhone teman saya. Hasilnya iPhone dapat berjalan seperti sediakala. Belakangan saya ketahui ternyata banyak aplikasi yang berjalan di background, ini yang menyebabkan sistem berat dan akhirnya hang.

Cara mematikannya adalah tekan dua kali tombol Home maka akan muncul aplikasi yang belum ditutup. Tutuplah aplikasi tersebut untuk mengurangi beban ram.

Jika cara diatas tidak bisa dilakukan/ belum bisa menyelesaikan masalah anda, berikut saya sertakan beberapa cara lain yang saya harap dapat berguna untuk anda :

Hard Reset

Anda akan membutuhkan obeng untuk melakukan hal ini, seperti pada device selain iOS hard reset dilakukan dengan melepas batrai dan memasangnya kembali. Dari seumber yang saya baca langkah ini dapat dilakukan secara berulang sampai touch screen anda kembali merespon.

Restore

Jika anda ragu untuk melakukan hard reset secara terus-menerus, anda dapat mencoba untuk merestore perangkat lunak iOS melalui iTunes. Pilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai iPhone baru sehingga tidak mengembalikan settingan yang rusak untuk smartphone anda. Ingat, lakukan sinkronisasi terlebih dahulu.

Jika layar masih tidak bisa merespon sentuhan anda, kemungkinan memang layar iPhone/hardware anda yang bermasalah. Kalau memang seperti itu, silahkan bawa iPhone anda ke service center terdekat supaya dibetulkan oleh yang lebih profesional.

Oke, itulah cara memperbaiki touch screen iPhone yang tidak merespon sentuhan. Semoga artikel berikut ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Mengatasi Layar iPhone Macet"

Posting Komentar