Cara Mudah mengatasi Keylogger

Cara Mudah mengatasi Keylogger - Apakah anda sudah familiar dengan Keylogger? jika belum, mungkin anda perlu membaca artikel sebelumnya yang membahas Apa itu Keylogger, nah, kali ini saya akan memberikan artikel hasil jalan-jalan kesana kemari untuk mengatasi keylogger supaya komputer kita bebas dari intaian para penyusup. Cara-cara dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda ikuti salah satunya, atau anda bisa coba satu persatu dan temukan yang paling nyaman untuk anda.

1. Gunakan On Screen Keyboard, anda dapat menemukan fitur ini di Start –> All Program –> Accesories –> Ease of Access –> On-Screen Keyboard. Penggunanaan On-Screen Keyboard saat ini dirasa cukup aman untuk menghindari keylogger, namun cara ini juga membuat anda agak bersusah payah mengetik. Selain itu tampilan keyboard di layar monitor membuat apa yang anda kerjakan di keyboard terlihat dengan jelas oleh orang lain, jadi pastikan tempat anda aman dari orang-orang usil.

keyloger

2. Copy – Paste juga merupakan langkah yang disarankan, biasanya digunakan untuk memasukkan password pada login aplikasi atau website tertentu. Namun jangan serta merta mengkopi password secara utuh, anda disarankan untuk mengkopi satu persatu huruf atau angka password anda dari sumber yang berbeda. Semisal password anda adalah “kit4” maka cara mengkopi-nya adalah copy huruf “k” dari 1 file tertentu—bisa dari notepad, website, word, nama icon(menggunakan layanan rename) etc—lalu huruf “i” dari file lainnya dan begitu seterusnya.

3. Mengetik Maju Mundur, maksud dari mengetik maju mundur disini adalah mengelabuhi clipboard yang notabene adalah yang mengingat semua yang dilakukan oleh keyboard. Caranya adalah sebagai berikut, saya umpamakan password anda adalah “5u54h” maka anda akan merubah urutan penulisannya menjadi maju mundur, contoh : 2 angka “5” anda ketik dahulu menjadi “55” lalu dengan meng-klik disela “55” anda sisipkan huruf “u” dan di blakang angka “5” anda beri huruf “h” setelah itu sisipkan lagi angka “4” diantara “5” dan “h”. Sehingga dengan begitu urutan yang terekam oleh clip board adalah “55uh4”, memang agak merepotkan jika password anda panjang dan rumit namun ini sangat disarankan untuk menghindari pencurian data oleh Keylogger.

4. Gunakan Anti-Keylogger dengan Software Anti-Keylogger kita bisa membunuh keylogger yang terpasang pada komputer/laptop, anda bisa mendownloadnya dengan mencari di Google, ada banyak aplikasi lain untuk memerangi keylogger ini.

5. Keylogger juga dapat menyerang browser anda yang akibatnya adalah browser redirection atau pembajakan pencarian mesin telusur. Cara yang direkomendasikan untuk menghadapi serangan ini adalah dengan me-reset browser anda dengan aplikasi “Stronghold AntiMalware”, Aplikasi ini akan mereset semua browser anda sehingga semua password yang tanpa sengaja/ sengaja anda biarkan di browser anda akan terhapus –untuk mengamankan password anda tentunya—secara otomatis.

Yep, itulah Cara Mudah mengatasi Keylogger semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, Terimakasih.

sumber : berbagai sumber


Share This Article


0 Response to "Cara Mudah mengatasi Keylogger"

Posting Komentar