Cara Sharing Printer dengan Wifi atau LAN

Cara Sharing Printer dengan Wifi atau LAN – Apakah anda pekerja kantoran? jika iya, mungkin anda pernah mengalami hal ini, suatu ketika anda kaget karena printer di kantor anda mencetak dokumen sendiri tanpa ada siapapun yang mengoperasikan komputer dimana printer itu terletak, percayalah bahwa itu bukan perbuatan hantu! hehe.. Anda mungkin waktu itu belum tahu tentang mencetak jarak jauh melalui jaringan Wifi atau LAN, dan hal itu membuat anda penasaran sampai akhirnya anda nyasar ke blog ini (maafkan analisis ngawur saya..:D ). Anyway, di artikel kali ini saya akan menulis tentang cara sharing printer melalui Wifi dan atau LAN sehingga anda bisa mencetak dokumen dari jarak jauh, dengan catatan masih di area/jangkauan Wifi atau LAN anda. Cara ini tidak hanya bisa digunakan di perkantoran namun bisa juga diaplikasikan di rumah yang memiliki jaringan internet LAN.

Caranya sangat mudah, namun perlu diperhatikan bahwa driver printer sudah benar-benar terinstal di komputer yang akan digunakan untuk menshare printer tersebut. Lalu pastikan bahwa kabel LAN sudah tersambung ke semua perangkat yang akan menerima share (Jika memakai Wifi maka pastikan telah tersambung).  berikut saya tuliskan urutannya supaya mudah untuk diikuti :

1. Buka Start –> Control Panel –> Devices and Printers maka nanti akan terlihat icon printer yang akan anda share.

devices and printers2. Klik Kanan pada Printer yang dimaksud dan pilih Printer Properties.

3. Setelah muncul jendela baru silahkan pilih tab Sharing.

sharing printer4. Langkah terakhir berikan centang pada pilihan Share this printer dan namai printer anda sesuka anda atau biarkan dengan nama defaultnya. Setelah itu tekan Apply atau OK.sharedJika langkah anda benar, maka seharusnya icon printer anda akan berubah seperti gambar diatas.

Nah, dengan 4 langkah mudah yang saya tuliskan barusan maka printer anda sudah siap untuk dipakai ramai-ramai. Untuk menghubungkan Komputer atau Laptop ke Printer yang sudah di share ada cara tersendiri, secepatnya akan saya post di blog ini.

Oke, demikianlah Artikel tentang Cara Sharing Printer dengan Wifi atau LAN, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di Peka-teknologi.


Share This Article


0 Response to "Cara Sharing Printer dengan Wifi atau LAN"

Posting Komentar