Mengenal Keylogger Dan Cara Mengetahuinya Pada PC

Mengenal Keylogger Dan Cara Mengetahuinya Pada PCSistem komputer kita ternyata memiliki banyak celah keamanan, sehingga hal ini menuntut kita untuk lebih berhati-hati dalam bekerja. Apalagi untuk anda yang sering mengerjakan transaksi-transaksi penting menggunakan komputer anda, hal ini sangat riskan terjadi. Salah satu cara untuk menghadapinya adalah dengan antivirus yang selalu up to date. Maka dari itu, update definisi antivirus anda sekarang! Sudah?, oke mari kita lanjutkan, salah satu celah keamanan PC kita adalah papan ketik/ keyboard kita. Ternyata apa yang kita ketik pada keyboard bisa direkam oleh program jahat ini, program jahat yang saya maksud biasa disebut Keylogger. Lalu, apa itu keylogger?

Keylogger Berasal dari kata kerja “log” yang berarti merekam dan ”key” yang merupakan kunci pada kata keyboard. Orang/program yang melakukan aktifitas log ini namanya “logger”. Sedangkan “logging” berarti adalah istilah untuk kegiatan “merekam” aktifitas log-nya, nah, Keylogger merupakan software atau hardware yang memiliki kemampuan untuk merekam semua inputan keyboard dari komputer korban. Keylogger memiliki kemampuan untuk merekam semua aktivitas keyboard tanpa sepengetahuan user. Keylogger juga dapat menyimpan seluruh data di dalam komputer korban, dan dapat disalahgunakan oleh penyerang.keylogger

Keylogger dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu software-based dan hardware-based, Kebanyakan keylogger yang digunakan pembajak adalah software-based, dan seringkali diinstall sebagai bagian dari malware seperti Trojan atau rootkit. Keylogger software-based lebih mudah menginfeksi komputer anda, karena program jahat ini tidak memerlukan koneksi fisik ke komputer anda. Secara umum keylogger bisa meniru sebuah API pada system operasi target, yang memungkinkan untuk keylogger untuk merekam setiap keystroke yang dibuat. Keylogger hardware-based jarang digunakan karena keylogger membutuhkan akses ke computer target secara langsung/fisik. Bisa selama proses perakitan atau setelah penyebaran. Beberapa jenis hardware dapat diinstall saat proses perakitan, seperti BIOS-level keylogger.

Keylogger software-based biasanya masuk ke komputer anda melalui sebagian besar malware. Komputer dapat terinfeksi melalui website yang mengandung malware, setelah itu malware tersebut akan mencari celah di komputer anda dan otomatis menginstal software jahat tersebut. Keylogger bisa juga terdapat di adware yang tanpa sengaja kita instal, mungkin anda pernah mengalami ini, ketika anda mendownload sebuah software—biasanya software yang freeware/gratis—dan mulai menginstalnya anda akan mendapat pertanyaan apakah Anda ingin menginstall software tambahan / toolbar ke komputer anda. Lebih baik jika anda tidak mengetahui software apa yang ditawarkan, jangan diinstal/disetujui karena ada kemungkinan bahwa iklan software tersebut mengandung malware. Sedangkan untuk keylogger hardware-based, biasanya diinstall jika penyerang memiliki akses fisik ke komputer anda.

Cara mendeteksi Keylogger di komputer anda menurut informasi yang saya baca adalah sebagai berikut :

1. Buka Command Prompt : Klik Start –> All Program –> Accesories –> Command Prompt

2. Lalu ketikan “dir” dan tekan enter. Catat angka yang keluar pada jendela command prompt.

cmd3. Buka Notepad : Start –> All Program –> Accesories –> Notepad. Lalu ketikanlah sembarang kata (usahakan agak banyak) dan tidak usah di save kemudian ulangi langkah 1-2 dan lihat apakah angka yang dihasilkan sama ataukah berbeda.

Jika angka di jendela command prompt berbeda maka kemungkinan besar komputer anda telah terjangkit keylogger. kalau anda merasa tidak menginstal program tertentu atau ada orang lain menginstal keylogger dikomputer anda, bisa jadi berupa program berbahaya jenis lain telah menyerang komputer anda secara online seperti virus, malware, spyware dll dan fungsinya tidak jauh beda dengan keylogger.

Nah, demikianlah artikel tentang Mengenal Keylogger Dan Cara Mengetahuinya Pada PC. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

sumber : berbagai sumber

Mungkin anda juga tertarik membaca Cara Mudah mengatasi Keylogger


Share This Article


0 Response to "Mengenal Keylogger Dan Cara Mengetahuinya Pada PC"

Posting Komentar