Cara Mengamankan File Dari Virus

Cara Mengamankan File Dari VirusBanyak diantara kita yang dipusingkan dengan virus-virus komputer yang menyebalkan, cara mengatasinya kebanyakan adalah dengan memakai antivirus. Tidak cukup satu saja, banyak teman-teman saya menginstal lebih dari 2 antivirus, biar lebih aman katanya –saya pribadi memakai 2 antivirus—dan memang disarankan untuk menginstal lebih dari 1 antivirus, namun tidak menutup kemungkinan virus masih bisa menginfeksi komputer kita, mungkin karena antivirus kita yang jarang kita update karena keterbatasan layanan internet yang kita miliki atau karena lain hal. Nah, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai cara melindungi file di dalam harddisk kita dari serangan virus. Cara ini dipakai oleh kakak saya, bahkan komputernya tidak dilindungi antivirus sama sekali dan hanya mempercayakan pada cara ini.

Perlu diketahui bahwa cara ini bukan untuk penanggulangan melainkan persiapan/pertahanan, teorinya virus masih bisa berkeliaran ke komputer anda hanya saja tidak akan menyerang file anda. Cara tersebut adalah dengan meng-Compress file anda kedalam bentuk .rar, .zip atau .iso.

rar-zip-isoCompress data atau tulisan kedalam .rar dan .zip bisa dilakukan software winzip atau winrar. Karena sampai artikel ini dimuat, virus tidak bisa menginfeksi file yang terdapat dalam file *.zip atau *.rar. Jika software tersebut (winzip dan winrar) tidak ada dalam PC, software tersebut bisa dicari dan diunduh dengan mudah lewat google.

Cara :

Lakukan instalasi ke komputer/laptop Anda. Kumpulkan semua data, baik dari format gambar atau dokumen tertulis dalam satu folder, klik kanan pada folder tersebut, lalu klik “add to achieve”. Pada mekanisme tersebut Anda bisa melihat icon winzip atau winrar.

Untuk bentuk .iso anda dapat menggunakan aplikasi pembantu seperti Magic ISO dan Daemon Tool. Basic teknik ini sama dengan backup data, namun disini media simpannya tetap didalam pc itu sendiri. Magic ISO adalah aplikasi yang digunakan untuk membentuk ekstensi .ISO sedangkan Daemon Tool adalah aplikasi untuk virtual CD-ROM untuk membuka ekstensi .ISO, Pembentukan file kedalam format .iso memiliki langkah yang cukup banyak, akan saya bagikan di posting selanjutnya.

Yep, begitulah Cara Mengamankan File Dari Virus semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Mengamankan File Dari Virus"

Posting Komentar