LICEcap : Screenshot Dekstop yang Bisa Bergerak

LICEcap : Screenshot Dekstop yang Bisa Bergerak - Hei, give it up for the mighty GIF! haha, format gambar yang satu ini memang gak ada matinya. Terimakasih untuk format GIF yang sudah memberi dukungan untuk perkembangan gambar animasi, nah, dalam perkembangannya GIF juga telah mendukung untuk beberapa pekerjaan, contohnya website yang membutukan gambar bergerak namun dengan kapasitas yang kecil sehingga proses loading tidak menjadi lambat atau untuk animasi presentasi. Karena perkembangannya inilah maka kita akan membahas LICEcap: The easiest GIF-maker ever! aplikasi ini memperbolehkan kita membuat animasi screenshot format GIF dari dekstop kita. Mirip dengan Camtasia namun lebih sederhana. Nama LICEcap merupakan kependekan dari Lightweight Image Composition Engine. licecap

Program ini sangat mudah untuk dijalankan : pertama kali yang keluar ketika program ini dijalankan adalah hollow frame/kotak bolong di layar dekstop jadi terlihat ada garis mengelilingi dekstop anda namun tidak menutupi gambar dekstop anda. Kotak ini bisa anda pindah sesuai dengan keinginan anda, lebar kotak juga bisa disesuaikan. Lalu setelah semuanya beres tekan tombol Record untuk merekam segala aktifitas anda di dekstop. Anda bisa berinteraksi dengan aplikasi yang ada di dekstop ketika proses merekam, sehingga anda dapat membuat sebuah demontrasi pemakaian toolbar, merekam bug sebuah software, atau membuat 10 detik tutorial. Anda juga bisa pause rekaman anda, lalu memindah recording frame ke posisi lain di sekitar dekstop anda. 

licecap-scroll-100068359-orig

Setelah anda selesai, LICEcap akan menyimpan animasi anda dalam format GIF. Ya, hanya GIF. itu salah satu kekurangan LICEcap, karena berformat GIF otomatis anda juga tidak bisa merekam suaranya. Setelah selesai disimpan, anda bisa langsung upload ke media online apapun seperti gambar lain. Hasil rekaman menurut saya cukup besar, 7 detik rekaman bisa mencapai 0,5 MB. Namun untuk kondisi internet jaman sekarang pasti tidak ada masalah. Untuk bisa meng-embed rekaman animasi dekstop itu adalah priceless, bagaimana tidak, developer dapat memanfaatkan ini untuk demostrasi beberapa fitur softwarenya, pengguna dapat melaporkan bug kepada developernya dan banyak fungsi lain.

yep, itu tadi sekedar info tentang LICEcap : Screenshot Dekstop yang Bisa Bergerak semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "LICEcap : Screenshot Dekstop yang Bisa Bergerak"

Posting Komentar