Apa Itu Jailbreak Apakah Aman dan Legal?

Apa Itu Jailbreak Apakah Aman dan Legal? - Saya bukan pengguna iPhone, makanya saya jarang mem-post tentang permasalahan iPhone. Namun, kemarin teman saya yang pengguna iPhone punya informasi menarik tentang iPhone, bukan kabar baru sih, cuman saya saja yang baru tahu..hehe. Pernah dengar tentang jailbreak? yap, itu yang akan saya bahas sekarang, dari yang saya tangkap jailbreak itu bukan nama aplikasi namun sebuah proses. Agaknya mirip rooting kalo di Android. Diluar sana banyak sekali tools-tools yang disiapkan untuk jailbreak. Lalu yang menjadi permasalahan, apakah jailbreak aman dilakukan dan apakah jailbreak legal? untuk menjawab pertanyaan itu saya sudah mencari informasi dari beberapa sumber sehingga informasi yang akan saya – orang awam – sampaikan ini semoga dapat membantu anda. Nah, pertama kali yang harus dibahas adalah apakah jailbreak itu? 

Tujuan utama dari Jailbreak adalah agar kita bisa mendapatkan akses penuh terhadap file system iOS di iPhone, dengan mempunyai hak akses penuh, maka kita akan mudah mengatur dan mengendalikan iPhone sesuai keinginan. Ambil contoh kecil aja, jika kita akan download sebuah game dengan ukuran file yang besar misalkan lebih dari 200MB keatas, tanpa proses Jailbreak maka untuk download game yang berukuran besar tersebut, kita harus terkoneksi ke Wifi, tidak bisa menggunakan koneksi 3G. Berbeda jika iPhone kita sudah di JB, maka download game atau aplikasi sebesar apapun bisa menggunakan koneksi 3G.

iPhone

Nah, dengan tujuan yang telah anda baca diatas sekarang anda bisa menentukan  atau memikirkan kembali apakah anda akan melakukan proses ini ke iPhone anda? pikirkanlah kembali untuk apa Anda menggunakan iPhone? Apakah cuma sekedar untuk nelpon, sms, internetan, akses sampai chat di BBM, WhatsApp atau Line dan untuk dengerin musik serta nonton film? Bila Anda menggunakan iPhone cuma sekedar yang disebutkan tersebut, maka sudah pasti, sebaiknya Anda tidak perlu melakukan jailbreak iPhone. Kenapa? Karena meski tanpa di jailbreak, Apple telah menciptakan iPhone itu multifungsi dengan berbagai fitur yang bisa diandalkan. Dalam arti kata, iPhone dalam keadaan original pabrik pun sudah bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

Proses Jailbreak sangat bermanfaat jika kita ingin fitur, tampilan menu sampai settingan iPhone sesuai dengan keinginan kita. Dengan Jailbreak, kita terbebas dari keterbatasan yang ada di iPhone. Jailbreak sangat cocok maka Anda yang suka utak-atik iPhone, cocok bagi mereka yang kurang puas dengan menu bawaan/standar iPhone. Semua pengguna iPad, iPhone dan iPod Touch yang sudah melakukan jailbreak pasti akan menemukan aplikasi tambahan dengan ikon berwarna coklat dan bergambar kardus ini pada Home screen mereka. Aplikasi ini bernama Cydia, seperti super user pada android yang muncul setelah di root.

cydia

lalu kita akan menuju pertanyaan apakah proses Jailbreak aman untuk iPhone? Jailbreak jarang sekali menimbulkan kerusakan dari sisi hardware, namun dari sisi software proses Jailbreak seringkali menimbulkan masalah, terutama bila kita tidak hati-hati, selektif dalam melakukan proses JB, atau dalam menginstall berbagai aplikasi atau tweak yang di download via Cydia. Apa contoh kerusakan software iPhone? Yang seringkali muncul adalah iPhone jadi ngerestart terus, blank tidak mau masuk ke menu, hanya menampilkan logo Apple saja saat iPhone dinyalakan.

Jika iPhone blank alias tidak mau ke menu setelah dilakukan di JB, apakah mudah untuk diperbaikinya? jawabnya tidak terlalu sulit, Anda bisa melakukan proses restore via iTunes, untuk mengembalikan iPhone ke setelan pabrik/factory default. Itu juga jika seandainya Anda memang sering menggunakan iTunes dan sudah mengetahui cara restore via iTunes. Bagi yang belum bisa restore iPhone via iTunes, sebaiknya belajar dulu cara-cara restore, cara masuk ke DFU Mode sebelum melakukan Jailbreak, sehingga bila suatu saat terjadi masalah ketika proses JB, maka Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

lalu, apakah jailbreak legal? Hal ini sudah menjadi pembahasan yang cukup lama di beberapa negara, sehubungan dengan tidak adanya pihak yang dirugikan setelah melakukan proses jailbreak. Tapi di sisi lain, kamu akan memasang aplikasi yang pada dasarnya tidak mendapatkan pengesahan oleh Apple.Setelah melalui pembahasan yang cukup panjang, akhirnya Digital Millennium Copyright Act menyatakan bahwa jailbreak adalah hal yang legal di US, walaupun Apple juga memberikan pernyataan bahwa seluruh perangkat iOS yang sudah melakukan jailbreak akan kehilangan garansinya. yah, seperti rooting yang juga menghilangkan garansi dari vendor masing-masing.

Oke, itulah informasi tentang Apa Itu Jailbreak Apakah Aman dan Legal? semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Apa Itu Jailbreak Apakah Aman dan Legal?"

Posting Komentar