Mengatasi Mozilla Firefox Crash

Mengatasi Mozilla Firefox Crash – Browser Mozilla Firefox, siapa yang tidak mengenalnya? Mozilla Firefox merupakan salah satu browser terbaik yang ada, pendapat ini membuat Mozilla Firefox adalah software browser yang masuk kedalam daftar “harus” diinstal di komputer atau laptop. Seperti halnya manusia yang tidak sempurna, Mozilla juga mempunyai beberapa permasalahan salah satunya adalah crash, maksudnya adalah ada masalah pada aplikasi browser, sehingga aplikasi browser akan melakukan restart secara otomatis, atau dengan kata lain kita dipaksa untuk restart oleh aplikasi browser, dan memang sulit untuk menghindari crash pada browser sepenuhnya, karena memang hal itu merupakan sebagian besar tanggung jawab dari pengembang aplikasi browser itu sendiri dalam meminimalisir bahkan menghilagkan  terjadinya crash pada browser buatannya.

firefox

Ketika browser crash biasanya akan muncul jendela peringatan “Mozilla Crash Reporter” untuk menanyakan apakah anda ingin mengirim laporan teknis tentang crash yang anda alami ke pihak pengembang (Mozilla) karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masalah crash pada browser sebagian besar merupakan tanggung jawab pengembang browser tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga dapat malakukan hal-hal kecil untuk mengatasi atau paling tidak meminimalisir crash pada browser Mozilla Firefox kita. yaitu dengan cara-cara sebagai berikut :

  1. Anda dapat mencoba men-disable atau uninstal addon mozilla yang kurang penting, karena mungkin saja penyebabnya dari sini.
  2. Jika Crash masih terjadi, anda bisa mencoba untuk menginstal ulang Mozilla Firefox anda karena mungkin kerusakan ada pada browser anda.
  3. Jika anda menggunakan antivirus AVG, coba disable Link scannernya karena mungkin saja penyebabnya dari sini. Atau uninstal antivirus yang digunakan, lalu instal ulang , karena mungkin ada file update antivirus yang belum tuntas sehingga membuat mozilla selalu hang ditengah jalan.
  4. Mungkin juga crash terjadi karena memori atau RAM komputer anda sudah lemah atau kotor, hal ini bukan hanya mempengaruhi browser anda namun juga akan mempengaruhi kinerja komputer anda. Coba bersihkan RAM anda lalu cobalah lagi browser anda.
  5. Gunakanlah Browser Mozilla versi terbaru, disetiap update versi mozilla pengembang biasanya akan memeriksa crash pada software sebelumnya sehingga memastikan bahwa tidak ada lagi crash tersebut di software terbaru. Selain itu, karena memang teknologi desain website juga dari masa ke masa terus berkembang, sehingga dengan begitu, untuk mengimbanginya gunakan browser Mozilla yang update untuk versi terbaru. Adapun dalam melakukan update mungkin rata-rata hanya satu bulan sekali, sehingga tidak merepotkan kita.
  6. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah bersikap kritis terhadap add-on dan extension yang akan dipasang (install) pada browser Mozilla, perhatikan apakah add-on yang merupakan pihak (aplikasi) ketiga tersebut kompatible atau tidak dengan versi browser Firefox yang sedang digunakan. lakukan juga update plugins seperti plugin Flash, Java ke versi yang terbaru
  7. Apabila ketika memasuki sebuah website tertentu (yang buruk), lalu terjadi crash dalam bentuk not responding atau semacamnya yang intinya browser jadi macet atau tidak berjalan, maka hal tersebut disebabkan dari script / kode yang salah terdapat pada website tersebut, sehingga hal tersebut bukan karena kesalahan browser, untuk mengatasi hal ini maka hindari mengunjungi website yang bermasalah pada script / kode.
  8. Cara lain adalah mengubah kode yang terdapat pada file “application.ini”, file tersebut terletak di folder Mozilla pada program file. hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke “C:\Program Files (x86)\Mozilla Firefox” lalu cari file “application.ini” tersebut dan buka (open), setelah file dibuka cari tulisan "Crash Reporter" yang disamping “Enable=1” (gunakan perintah "Ctrl+F" untuk memudahkan pencarian), setalah itu ganti “Enable=1” menjadi “Enable=0”. Lalu save.

    Nah, itulah cara Mengatasi Mozilla Firefox Crash. Semoga info ini bermanfaat untuk anda, Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Mengatasi Mozilla Firefox Crash"

Posting Komentar