Cara mempercepat kinerja Laptop atau PC Desktop

Cara mempercepat kinerja Laptop atau PC Desktop – Kali ini saya akan memberikan tips yang banyak dipakai oleh teman-teman kita untuk mempercepat kinerja laptop atau PC desktop mereka, keluhan yang sering dikemukakan oleh pengguna komputer adalah ke’lemot’an komputernya. Hal ini dapat terjadi karena berbagai sebab, mungkin disebabkan oleh virus, program berat, perawatan, dll. Nah, beberapa tips yang akan saya sampaikan dibawah ini adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi dan hasil searching sana-sini di internet dan saya mempraktekan cara ini pada OS windows 7, saya pikir akan sama juga dampaknya pada OS lainya mungkin hanya penerapannya yang berbeda. Oke, tanpa banyak ba..bi..bu.. lagi mari kita lihat cara-cara berikut ini.

1. Hapus Program Tidak Terpakai

Jika ada program pada laptop atau PC desktop anda tidak pernah anda pakai, untuk apa anda biarkan membebani komputer anda. Lebih baik anda hapus program tersebut, karena program tersebut memakan resource pada hardisk maupun pada RAM. Jadi, jika tidak terlalu penting atau tidak pernah dipakai lebih baik dihapus saja. Oya, sekedar berbagi pengalaman, saya sering menjumpai komputer yang mempunyai banyak musik/video player contohnya GOM, MPC, WMP, KMP dll. Saya rasa program-program seperti inilah yang bisa anda hapus, tapi tidak semuanya juga anda hapus.  Anda bisa sisakan 1 atau 2 musik/video player yang bisa memainkan semua ekstensi musik/video file, tidak ada gunanya jika anda menginstal banyak player dengan fungsi yang sama, kan?

Cara Hapus Program Tidak Terpakai - Klik [Start] ► [Control Panel] ► [Uninstall a Program] Pilih Program/Software yang tidak pernah digunakan kemudian [Hapus/UNSINTALL].

2. Mematikan Application Running Automaticaly saat Startup

Kadang saat kita menginstal program, akan ada pertanyaan apakah program tersebut akan otomatis berjalan saat startup. Jika tidak benar-benar perlu, jangan disetujui. Program-program seperti ini yang membuat komputer kita memakan waktu lama saat dinyalakan untuk benar-benar siap digunakan. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur menyetujui? tenang, kita dapat mengubah konfigurasinya.

Cara  Mematikan Application Running Automaticaly saat Startup - Klik Start ► ketik msconfig kemudian tekan Enter ► lalu klik tab startup ► lalu uncheck/hilangkan tanda centang aplikasi yang tidak diperlukan untuk dijalankan pada saat komputer melakukan startup. lalu Klik OK.

speedup

3. Mematikan Visual Effect

Nah, jika anda ingin komputer anda cepat tanpa memperhatikan tampilan, cara ini sangat dapat membantu mempercepat kinerja komputer. Karena Visual Effect pada komputer juga membutuhkan memory seperti program lain.

Cara Mematikan Visual Effect - Klik kanan pada [Computer] [properties][Advance system setting] ► pada bagian Performance klik tombol [Setting] sehingga muncul jendela Performance Options. Lalu PILIH [Adjust for best performance]. kemudian klik [OK].

4. Disable Fitur Pada Search Indexing Windows7

Seperti yang sudah saya tulis di paragraf awal bahwa saya mempraktekan cara ini di Windows 7 saya, jadi saya akan menjelaskan berdasarkan OS yang saya pakai. Pada Fitur Search Indexing ini cukup memakan banyak resource, untuk itu bila anda jarang sekali meggunakan untuk  pencarian file, maka bisa di nonaktifkan.

Cara Disable Fitur Pada Search Indexing Windows7 - ► Klik kanan Computer, lalu klik Manage ► Pada jendela Computer Management klik Services and Aplications, lalu klik Services ► Di sebelah kanan, Cari Windows Search, lalu klik kanan dan pilih Properties Pada bagian Startup type, ubah ke Disabled - Klik Apply, klik OK.

5. Mematikan Aero Theme

Fitur yang satu ini membuat background desktop bisa berganti-ganti, dan ini juga akan membutuhkan spesifikasi graphics card yang support dengan Direct X 9 dengan RAM minimal 128MB. Sama seperti Visual Effect yang sudah kita bahas, jika anda tadak memperhatikan tampilan anda dapat menonaktifkan fitur ini sehingga penggunaan memory anda lebih ringan dan akan meningkatkan kecepatan komputer anda.

Cara mematikan Aero Theme - ► Pada Desktop, klik kanan ► Personalize ► Tab Windows colorUncheck / Hilangkan centang pada box  Enable Transparency ► lalu klik Open classic appearance properties for more color options. atau bisa anda pilih theme Basic atau Standard.

6. Mematikan Gadget Pada Windows 7

Masih berkutat dengan tampilan, gadget juga akan memberikan dampak pada kinerja komputer sehingga anda dapat menonaktifkannya.

Cara Mematikan Gadget Pada Windows 7 - Klik Start ► Kemudian klik Control Panel ► Pilih Programs ► Pilih Turn Windows features on or off  ► Kemudian hilangkan tanda centang pada “Windows gadget platform" ► lalu Klik OK.

7. Disk Clean Up

Ini adalah salah satu cara untuk merawat komputer anda, pada saat melakukan browsing ataupun saat anda melakukan penginstalan atau menguninstal software/program dari laptop-pc anda akan menghasilkan registry, cookies, cache baru yang biasanya tidak terpakai. Apabila anda tidak pernah melakukan pembersihan maka jumlah filenya juga akan semakin banyak dan ini tentunya akan memakan banyak tempat pada Hard Disk anda. Anda dapat melakukan Disk Clean Up secara berkala untuk perawatan komputer anda.

Cara Disk Clean Up - Klik StartAll ProgramsAccesoriesSystem ToolsDisk Clean Up kemudian Akan muncul jendela kecil untuk memilih partisi Harddisk mana yang ingin kita Clean Up. (PILIH Drive : C) ► Kemudian klik OK ►Maka akan muncul jendela baru lagi ► Berikan centang pada bagian yang ingin anda Clean Up. Kemudian Klik OK.

8. Defragment Disk

Ini juga merupakan perawatan untuk komputer anda, Defragment ini berfungsi untuk merapikan file-file yang berada pada hardisk sehingga kompter lebih cepat dalam membaca file tersebut. Analoginya adalah bayangakan komputer adalah sebuah perpustakaan dan file-file komputer adalah bukunya yang berada di rak, ketika kita mengambil buku tersebut besar kemungkinan buku tersebut tidak kembali ke rak namun di tempat lain. Nah, defragment disk ini yang memngembalikan buku tersebut ke rak-nya masing-masing.

Cara  Defragment Disk - Klik StartAll Programs ►  AccesoriesSystem ToolsDisk Defragmenter ►Pilih Hard Drive yang ingin anda defrag kemudian klik Defragment disk.

9. Scan Dengan Antivirus

Ada kemungkinan komputer anda lelet karena infeksi Virus, lakukan scanning untuk mendeteksi kemungkinan tersebut. Untuk pencegahan, lakukan scan pada setiap drive atau device yang masuk ke komputer anda.

Yep, Itulah tadi  Cara mempercepat kinerja Laptop atau PC Desktop. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk mempercepat kinerja komputer anda. Mungkin diantara anda ada yang mempunyai cara lain, anda dapat membagikannya dengan berkomentar di artikel ini..ada dibawah. Terimakasih.


Share This Article


1 Response to "Cara mempercepat kinerja Laptop atau PC Desktop"