Cara mudah mematikan Komputer/Laptop secara otomatis

Cara mudah mematikan Komputer/Laptop secara otomatis – Komputer merupakan kebutuhan yang bisa dibilang mendasar pada masa sekarang ini, hampir semua pekerjaan membutuhkan komputer. Tak jarang pula karena pekerjaan atau tugas sekolah/kampus membuat kita begadang bersama komputer kita, dan tak jarang pula karena terlalu capek, kita tertidur sedangkan komputer/laptop belum dimatikan. Hal ini jika terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada komputer karena terlalu lama bekerja, lalu bagaimana cara mengatasinya? untuk mengatasi masalah ini caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan command prompt pada komputer, baiklah untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Command Prompt

Silahkan buka cmd.exe pada laptop/komputer anda dengan mengetikan cmd.exe/ command prompt pada kotak pencarian di tombol start.  Atau masuk ke Start->All Program->Accessories->Command Prompt.

cmd

2. Ketikan Perintah

Setelah kotak cmd.exe terbuka (warnanya hitam dengan tulisan putih), sekarang saatnya kita mengetikan perintah untuk mengatur waktu Shutdown komputer kita. Perintahnya adalah shutdown /s /t 3600, satuan angka pada perintah tersebut adalah detik, jadi jika kita mengetikan 3600 itu berarti komputer akan mati dalam waktu 3600 detik atau 1 Jam. Angka tersebut dapat anda ubah sesuai dengan kebutuhan anda, jika anda ingin mematikan komputer anda dalam waktu 30 menit maka ketikan 1800, jika 2 jam maka ketikan 7200 (tinggal dikali atau dibagi saja,mudah kan?).

Untuk penjelasan setiap perintah adalah sebagai berikut.

/s : shutdown

/t : time

3600 : satuan waktu dalam detik

Nah, jika setelah kita mengetikan perintah namun ternyata kita ingin membatalkannya. Maka, anda dapat mengetikan perintah berikut di cmd.exe :

shutdown –a

Untuk perintah tambahan, sekedar info saja..hehe..

- shutdown.exe -r -t 00 ( Merestart komputer )
- shutdown.exe -s -t 00 ( Langsung mematikan komputer )

Bagaimana? cukup mudah bukan, cara ini sering saya pakai ketika malam dan saya sudah mengantuk pengen tidur, tapi saya juga ingin mendengarkan musik pengantar tidur maka inilah yang saya lakukan, hehe.. semoga Cara mudah mematikan Komputer/Laptop secara otomatis ini bermanfaat bagi anda, Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara mudah mematikan Komputer/Laptop secara otomatis"

Posting Komentar