Cara Menghapus Write Protected pada Flash Disk dengan Diskpart (CMD)

Menghapus Write Protected Eksternal Disk dengan Diskpart | Artikel sebelumnya yang membahas cara menghilangkan write-protection pada perangkat penyimpanan adalah langkah-langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mengecek dimana kerusakan perangkat penyimpanan Anda, Nah, jika cara pada artikel sebelumnya masih belum bisa mengatasi masalah Anda, silahkan ikuti beberapa metode berikut ini –metode ini lebih advanced dibandingkan metode di artikel sebelumnya, harapan saya cara ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan kembali fungsi perangkat penyimpanan Anda.

Kali ini menggunakan Command Prompt, sebuah fasilitas yang diberikan oleh Windows untuk para teknisi komputer. Command prompt ini dapat Anda temukan di Start –> All Program –> Accessories –> Command Prompt. Atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + R lalu ketikan cmd dan tekan Enter. Maka nanti akan keluar jendela baru berwarna hitam dengan tulisan putih, biarkan jendela comman prompt tersebut terbuka dan ikuti langkah selanjutnya.

NB : Jika Anda mendapati pesan “Access is denied” ketika membuka command prompt, silahkan jalankan command prompt dengan mode Administrator. Dengan cara Start –> All Program –> Accessories –> Command Prompt lalu klik kanan pada icon command prompt dan pilih Run as administrator.

diskpart

Untuk metode menggunakan command prompt, kita akan menggunakan perintah Diskpart untuk menghapus write-protection. Berikut ini adalah langkah – langkahnya :

  1. Tancapkan perangkat penyimpanan Anda
  2. Ketikan diskpart pada command prompt lalu tekan Enter
  3. Ketikan list disk pada command prompt lalu tekan Enter
  4. Disitu akan muncul (biasanya) dua disk – disk pertama adalah HDD komputer, yang kedua adalah perangkat penyimpanan Anda. Perhatikan ukuran masing-masing disk untuk memastikan disk mana yang adalah perangkat penyimpanan Anda.
  5. Ketikan select disk X pada command prompt lalu tekan Enter – X adalah angka disk perangkat penyimpanan. Contoh : select disk 2 jika perangkat penyimpan yang ter-write protected adalah disk 2.
  6. Ketikan attributes disk clear readonly pada command prompt lalu tekan Enter. Perintah ini akan menghapus semua perintah write-protection yang ada di dalam disk.
  7. Ketikan clean pada command prompt lalu tekan Enter
  8. Ketikan create partition primary pada command prompt lalu tekan  Enter
  9. Ketikan format fs=fat32 pada command prompt lalu tekan Enter (Anda dapat mengganti fat32 dengan ntfs jika memang format tersebut yang anda gunakan)
  10. Ketikan exit pada command prompt lalu tekan Enter untuk keluar dari command prompt

Nah, demikian metode-metode yang saya dapatkan. Semoga artikel tentang cara menghapus write-protected perangkat penyimpanan ini bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda mempunyai cara lain yang belum tertulis disini silahkan menambahkan pada kolom komentar, karena sampai saat saya menulis artikel ini flash disk teman saya yang terkena write-protected ini belum bisa. Entahlah, saya masih belum tahu apa penyebabnya, tapi saya berharap cara-cara yang saya sampaikan di artikel ini dan artikel sebelumnya berguna untuk Anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Menghapus Write Protected pada Flash Disk dengan Diskpart (CMD)"

Posting Komentar