Cara Menghemat Kuota Internet Modem dan Smartphone

Cara Menghemat Kuota Internet Modem dan Smartphone - Modem seperti yang kita tahu adalah sebuah alat untuk mengkonversi sinyal sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet. Ada modem dari Telkom yang terhubung dengan kabel ada juga modem portabel yang berukuran sebesar flash disk yang biasa kita lihat menancap di laptop maupun PC. Nah, modem portabel ini yang akan kita bahas kali ini. Modem membutuhkan sebuah SIM card didalamnya yang berfungsi untuk mendapatkan layanan internet dari jasa provider yang kita pakai. Biasanya provider menyediakan layanan internet berdasarkan besaran data (dibatasi oleh kuota atau unlimited/tidak terbatas kuota). Ketika kita memakai modem ini kita dibatasi oleh kuota dan ini sangat menggangu sekali ketika kita sedang asik berinternetan tiba-tiba internet mati karena kuota habis, oleh karena hal ini maka sebagian dari kita pun memakai layanan internet unlimited. Namun, itu belum menyelesaikan masalah karena walaupun layanan internet kita unlimited tapi ada batas normal kuota yang dipakai, maka ketika kuota mencapai batas normal pemakaian kecepatan internet akan turun secara drastis. Masih bisa dipakai tapi LEMOT! hehe …paket data

Lalu, bagaimana kita dapat menghemat kuota internet? bisa, butuh sedikit pengorbanan namun semua akan terbayar dengan berinternetan tanpa takut kehabisan kuota. Berikut saya sertakan beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk menghemat kuota.

Oh, btw…beberapa hal dibawah ini juga berfungsi untuk menghemat kuota pada smartphone anda.

1. Streaming Video

Layanan streaming video memang menyenangkan namun kuota yang dibutuhkan untuk dapat streaming video itu adalah sekitar 50MB per menit sedangkan jika kita asumsikan menonton video clip rata-rata durasinya adalah 3-5 menit. Kalikan saja dengan 50MB. Lumayan menguras kuota kan? nah, untuk menghindari hal ini ada baiknya jika anda akan streaming video gunakanlah wifi supaya kuota modem anda awet.

2. Streaming Musik

Sama halnya dengan video, audio juga menguras cukup banyak kuota. Layanan streaming audio seperti Soundcloud atau iTunes menguras sekitar 2,4Mb per menit-nya untuk resolusi 320 Kbps. Jadi akan lebih hemat jika anda mendengarkan musik secara offline yang sudah pasti tidak memakai kuota sama sekali.

3. Video Chat

Skype sangat membantu untuk dapat berkomunikasi jarak jauh tidak hanya dengan suara namun juga video sehingga kita dapat melihat lawan bicara kita. Namun kecanggihan ini tidak cocok digunakan dengan layanan modem karena obviously butuh banyak kuota untuk dapat menjalankan aplikasinya. Konsumsi data pada obrolan video sekitar 3 Mb per menit, tidak ramah kuota, kan?

4. Game Online

Sangat tidak disarankan jika anda hanya mempunyai modem untuk terhubung ke internet. Karena pada saat loading permainannya saja sudah menguras kuota, apalagi pada saat memainkannya. Dan yang pasti memainkan sebuah game online tidak cukup hanya beberapa menit, pasti menghabiskan paling tidak lebih dari 1 jam. Game seperti Aspalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout menghabiskan sekitar 1 Mb per menit. Semakin lama kita bermain maka akan semakin besar data yang terpakai.

5. Mengunggah Video

Video berukuran besar, jika anda mengunggahnya ke youtube atau layanan video online lainnya maka sudah bisa dipastikan anda akan membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Namun, besaran data yang termakan berbeda-beda tergantung pada aplikasi layanan video online serta besaran resolusi video yang diunggah. Maka jika anda berniat untuk mengunggah video ke youtube, lebih baik anda memakai wifi.

Nah, itu tadi cara menghemat kuota internet modem dan smartphone semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika anda memang membutuhkan banyak kuota untuk internet ada baiknya anda memasang layanan telkom speedy karena kepuasan anda akan lebih terjamin. hehe … terimakasih.

Sumber : cnet.com


Share This Article


0 Response to "Cara Menghemat Kuota Internet Modem dan Smartphone"

Posting Komentar