Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop

WhatsApp Web untuk chating dari komputer – Kabar terbaru datang tanggal 21 Januari 2015 kemarin, WhatsApp melalui blog resminya www.blog.whatsapp.com mengumumkan bahwa WhatsApp telah dapat digunakan di web browser, dengan kata lain anda dapat menggunakan WhatsApp melalui laptop/PC anda. Catatannya laptop/PC anda harus terhubung dengan internet. Berikut kutipan dari blog WhatsApp,

WhatsApp Web

Today, for the first time, millions of you will have the ability to use WhatsApp on your web browser. Our web client is simply an extension of your phone: the web browser mirrors conversations and messages from your mobile device . . .

Kutipan diatas menegaskan bahwa WhatsApp Web tidak berdiri sendiri. Anda harus mempunyai akun WhatsApp aktif di smartphone anda untuk dapat menggunakan layanan ini. Pun begitu layanan ini saya rasa cukup efektif untuk memudahkan pengguna berkirim pesan singkat ketika mereka bekerja dengan PC/laptop tanpa harus repot-repot membuka smartphone.

WhatsApp WebUntuk penggunaannya sendiri sampai saat ini masih terbatas di browser Chrome saja, saya kurang tahu apa penyebabnya. Saya pikir karena ini masih kali pertama digunakan oleh publik sehingga mungkin pihak Facebook sebagai pemilik WhatsApp masih ingin mengetahui reaksi publik terhadap layanan ini sehingga tidak perlu muluk-muluk memakai banyak browser.

Oke, untuk cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

1. Download dan instal Chrome Browser jika belum ada di PC/laptop anda. Jika sudah, bukalah Chrome Browser.

2. Lalu bukalah situs http://web.whatsapp.com/  di Chrome.

3. Ikuti perintah yang ada di halaman web. Oya, pastikan versi whatsapp anda adalah versi terbaru. Anda akan diarahkan untuk membuka WhatsApp Web QR code scanner dari smartphone anda. Cara untuk membuka WhatsApp Web QR code scanner mungkin akan berbeda berdasarkan platform smartphone yang anda gunakan. Namun tenang saja karena semua metode ada di bawah kode QR di browser.

4. Scan QR kode tersebut dan lihatlah pembicaraan anda di whatsapp akan muncul di browser in no time!

Cukup mudah bukan? nenek pun bisa dengan cepat menguasai langkah ini. hehe..

Untuk menggunakan layanan ini pihak WhatsApp menyarankan untuk menggunakan Wifi dengan alasan penghematan kuota karena aplikasi ini butuh sync antara Smartphone dan Chrome.

Untuk anda pengguna iOS anda tidak akan menemukan arahan untuk mengkoneksikan iPhone anda, hal ini oleh pihak WhatsApp disebutkan sebagai alasan dari “Apple platform limitation” atau batasan platform Apple.

Layout dari WhatsApp Web akan sama dengan yang ada di smartphone anda namun dengan ukuran yang lebih besar. Anda tetap dapat mengirim emoji, photos, voice notes, melihat list kontak dan segala fitur WhatsApp. Untuk peringatan pesan masuk anda dapat men-settingya di tombol sebelah kanan atas di Chrome Browser. Mengasikan bukan?

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang yang punya akses ke komputer anda dapat membuka halaman WhatsApp andaselama anda masih logged in. Jika komputer anda terpassword mungkin tidak akan jadi masalah tapi jika anda menggunakan layanan ini di komputer umum seperti warnet anda lebih baik mengecek lagi apakah anda sudah log out dari WhatsApp Web sebelum meninggalkan komputer. Cara log out adalah dengan meng-klik menu bergambar 3 titik dan klik Log Out.  

Semoga artikel tentang WhatsApp Web ini bermanfaat bagi anda. Lalu, apakan anda sedah menggunakan layanan ini? jika sudah, bagaimana pendapat anda?

Terimakasih.

sumber : blog.whatsapp dan Cnet


Share This Article


0 Response to "Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop"

Posting Komentar