Perbedaan Baterai Laptop Original Dengan KW/Palsu

Perbedaan Baterai Laptop Original Dengan KW/Palsu - Bagaimanapun juga daya tahan laptop tidak sama dengan desktop PC, lebih unggul PC. Saya pernah membaca umur laptop normalnya berkisar antara 2 – 3 tahun, setelahnya kemungkinan besar akan timbul gejala penurunan performa dan yang paling sering terjadi adalah penurunan performa baterai laptop, betul? perbandingannya mungkin ketika pertama kali dipakai laptop masih bertahan selama berjam-jam menggunakan daya baterai namun setelah selang 2-3 tahun (atau bahkan tidak sampai 2 tahun) laptop hanya bisa bertahan 30 menit bahkan kurang ketika menggunakan daya baterai. Baterai laptop yang digunakan pada produk laptop memang akan mengalami penurunan performa seiring penggunaan dan berjalannya waktu. Ini memang hal yang wajar terjadi terjadi.

Nah, ketika hal ini terjadi ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan untuk dapat terus menggunakan laptop anda, anda dapat menancapkan langsung laptop anda ke aliran listrik namun cara ini akan membuat laptop anda bergantung pada ‘colokan’ listrik. Anda dapat mengkalibrasi ulang baterai anda, hal ini dapat membantu anda mengetahui berapa persen penyimpanan daya di baterai sehingga anda dapat memperkirakan lama pemakaian sampai akhirnya harus di hubungkan lagi ke arus listrik. Anda dapat juga mengganti baterai laptop, hal ini akan membuat laptop anda menjadi seperti baru kembali dan ungkapan ‘laptop untuk dibawa kemana-mana’-pun akan tetap melekat pada laptop anda.

1rlhwulk

Jika anda ingin membeli sebuah baterai, maka anda perlu memperhatikan kualitas baterai yang anda beli, apakah baterai itu asli atau palsu. Untuk itu, berikut saya sajikan beberapa penjelasan untuk mengetahui baterai mana yang ingin anda beli :

Baterai Original, merupakan baterai yang dikeluarkan secara resmi oleh produsen laptop sesuai dengan type dan merknya masing-masing. Ada 2 jenis baterai original yang beredar di pasaran, berikut ini adalah jenis-jenisnya :

a.       Original Service Center ( OSC )

Merupakan Baterai yang anda beli di service center resmi laptop tersebut. Baterai jenis ini dijamin original dan bagus. Jika anda mengharapkan kualitas yang bagus, maka baterai ini merupakan pilihan yang tepat.

Kekurangannya, sebenarnya tidak ada. Namun jika kantong kita sedang tipis maka kekurangannya ada di sisi harga. Harga baterai original adalah yang paling mahal diantara type baterai lain. Harga menentukan performa, bukan?.

b.      Original Equipment Manufacturer ( OEM )

Sebenarnya baterai OEM ini sama dengan baterai original service center, perbedaannya adalah tidak didistribusikan melalui service center. Oleh karena itu, harganya bisa lebih ‘miring’ daripada membeli di service center.

Baterai OEM akan cocok untuk kita yang berkantong cekak, khususnya anak kos atau mahasiswa.

Baterai Non Original / Kompatibel adalah baterai yang dibuat oleh pihak ketiga (pihak pertama adalah pemilik Merk, pihak kedua adalah kita) tetapi bisa dipasang di laptop tertentu sesuai jenisnya. Beberapa jenis baterai non original adalah sebagai berikut :

a.       Original merk

Dibuat oleh pihak ketiga tetapi secara resmi. Ada merk serta perusahaan yang bertanggungjawab. Biasanya ada garansinya. Kualitasnya juga mendekati baterai original. Tetapi dari sisi harga, jauh lebih terjangkau. Harganya berkisar sekitar 50%-70% dari originalnya.

b.      Kompatibel non merk

Dibuat oleh pihak ketiga juga, tetapi tidak jelas oleh siapa. Merk baterai juga tidak ada. Walau demikian, kualitasnya belum tentu jelek. Beberapa toko bahkan berani menggaransi sampai enam bulan. Harganya hampir sama dengan original merk.

c.       Non original /palsu (KW)

Baterai jenis ini adalah baterai yang perlu anda waspadai. Ia dibuat oleh pihak ketiga, tetapi dengan memalsu merk aslinya. Orang awam tidak mudah untuk mengetahui baterei ini asli apa palsu, kecuali pedagangnya memberi tahu. Sayangnya, baterai ini cukup banyak beredar di masyarakat dan cukup digemari.

  •       KW super/grade A/ori 90%

Baterai palsu dengan kualitas cukup baik.

  •      KW grade B

Baterai palsu dengan kualitas buruk

Nah, Setelah mengetahui beberapa informasi diatas semoga anda dapat dengan lebih mudah memilih baterai laptop seperti apakah yang cocok untuk laptop kesayangan anda. Jika anda sudah menentukan akan membeli baterai yang seperti apa, maka saya sarankan anda membaca Cara membedakan baterai laptop original dengan KW di pasaran supaya anda terhindar dari penipuan atau salah membeli produk. Semoga artikel Perbedaan Baterai Laptop Original Dengan KW/Palsu bermanfaat untuk anda. Terimakasih


Share This Article


6 Responses to "Perbedaan Baterai Laptop Original Dengan KW/Palsu"

  1. terimakasih infonya,saya juga mau cari baterai laptop yang original yang harganya 700ribuan karena laptop saya yang sudah berumur 2 tahun baterainya sudah rusak/ngedrop.

    BalasHapus
  2. apakah membeli batere laptop via toko online yang sudah terkenal bisa dijamin keaslianya? saya baru memesan batere laptop original via toko online, cuma masih dalam proses pengiriman. terima kasih atas penjelasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung, apakah toko onlinenya mensuplay sendiri produknya (cont : bhineka,amazon etc) atau merupakan lapak buat penjual2 online (cont : kaskus, lazada, olx atc). kalau yang mensuplay sendiri kemungkinan besar asli, kebanyakan toko online jika menjual produk biasanya juga disertakan keterangan barang asli atau KW-nya.

      Hapus
  3. kira-kira berapa bulan ya selisih daya tahan baterai original dengan baterai yang kw? mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya tidak tahu pasti..tapi baterai KW-pun akan bertahan lama kalau penggunaannya tepat. Semisal, tidak mencolokan sumberdaya secara terus-menerus saat baterai sudah penuh..dan standar-standar pemakaian lain. :)

      Hapus
  4. berapa lama ya selisih daya tahn baterai ori dengan yang kw?

    BalasHapus