Kenali Macam MicroSD Card Sebelum Membelinya

Kenali Macam MicroSD Card Sebelum Membelinya - Dimasa yang dipenuhi oleh Smartphone, Camera –DSLR maupun pocket—, Camcorder, Mp3 Player dll. Kita secara tidak sadar membutuhkan peran sebuah memory card yang membantu perangkat kita bisa bekerja dengan lancar dan halus. Jika anda memiliki perangkat baru yang bisa mengambil gambar atau memainkan musik, pasti –unless, of course, it's an Apple product, hehe—akan membutuhkan sebuah flash memory card untuk menyediakan tambahan tempat penyimpanan. Beberapa dari kita –hem, atau saya saja?— tidak menyadari bahwa flash memory card, yang saat ini sudah lebih aman dengan beberapa variasi Secure Digital (SD) Card, berperan penting dalam kinerja perangkat kita. SD sudah menjadi flash memory card yang dominan sekarang ini, tapi tidak sesederhana itu kita dapat memilih dan membeli SD card. Ada banyak tingkatan SD card yang tersedia dari bentuk, ukuran, dan kecepatannya, jadi memilih SD card yang benar untuk perangkat anda bisa sedikit memusingkan.

Jika sudah berbicara mengenai flash memory cards, Ada 3 aspek yang perlu diperhatikan : physical format, size/ukuran, dan speed/kecepatan. 3 variabel ini memiliki class-nya masing-masing, jadi anda bisa memiliki semua yang anda perlukan dari 1GB Class 2 microSD card sampai 32GB UHS-1 SDXC card. Yep, coba kita bahas bersama-sama di bawah ini.

microSD

Physical Format

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih SD Card adalah diperangkat apa SD Card tersebut akan digunakan. Beda jenis camera, camcorder, dan smartphone mengunakan ukuran SD card yang berbeda juga.

Standart SD Card adalah yang berukuran paling besar, dan yang paling lama digunakan. Ukuran 32 by 24 by 2.1 mm (HWD), berat sekitar 2 gr ini masih banyak digunakan sekarang ini, khususnya untuk Fotographer yang menggunakan High-End digital camera, seperti Canon 1D Mark IV.

MiniSD card adalah yang paling jarang digunakan saat ini, berukuran 21.5 by 20 by 1.4 mm (HWD) dan dengan berat sekitar 1 gr. Alih-alih memotong ujung pinggirnya, miniSD card memiliki sudut runcing untuk membantu anda mengarahkan kartu ketika memasukkannya ke dalam slot perangkat. Desain ini segera diikuti oleh generasi selanjutnya yaitu microSD card.

MicroSD cards, digunakan oleh kebanyakan ponsel dan smartphones, berukuran benar-benar kecil sekitar 15 by 11 by 1 mm (HWD) dan beratnya hanya sekitar 1/2 gr. Dengan total volume 165 mm3, anda dapat menjajarkan 9 mircoSD card kedalam sebuah Standart SD card. hehe..

Kapasitas

SD cards menawarkan macam-macam kapasitas memori yang berbeda, dan jumlah itu menentukan klasifikasi ukuran kartu. yang perlu anda tahu adalah microSD card di smartphone anda adalah bukan microSD card. Itu adalah sebuah microSDHC card, atau Micro Secure Digital High Capacity. "Standard" SD cards maksimalnya berukuran 2GB, berdasarkan klasifikasi. kebanyakan SD cards yang anda temukan sekarang ini adalah sebenarnya SDHC, dengan kapasitas antara 4GB dan 32GB. Klas yang paling besar dinamakan SDXC, or Secure Digital Extended Capacity, besarnya mencapai 64GB sampai 2TB. (sampai saat ini tidak ada kartu memory yang besarnya mencapai 2 TB, yang paling besar saat ini adalah 128GB.)

Jika lebih besar itu lebih baik, anda perlu memastikan bahwa perangkat anda support dengan SDcard yang lebih besar. klasifikasi SD/SDHC/SDXC bukan hanya untuk kartu memory, namun untuk perangkatnya juga. digital camera keluaran lama hanya dapatmembaca SD cards, kalau anda memasang SDHC di kamera lama itu, ya, useless alias gak berguna. Sama juga dengan kamera yang tidak kompatibel dengan SDXC tidak akan bisa dipasangi kartu memory berukuran 64GB. Namun, kebanyakan perangkat saat ini sudah kompatinbel dengan SDHC. Tapi, hati-hati, cobalah cek sekali lagi spesifikasi perangkat anda sebelum anda membeli SDHC cards/ SDXC cards.

Speed Class

Nah, untuk speed class akan saya lanjutkan besok. Jangan kuatir, pasti akan saya lanjutkan.. nanti linknya akan saya taruh juga disini. Soalnya sekarang saya harus pergi dulu. hehe

Update : Speed Class bisa di baca disini..

Semoga artikel Kenali Macam MicroSD Card Sebelum Membelinya ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Kenali Macam MicroSD Card Sebelum Membelinya"

Posting Komentar