Kenali Kecepatan SD card Terbaik Anda Sebelum Membelinya

Kenali Kecepatan SD card Terbaik Anda Sebelum Membelinya - Hallo, seperti yang sudah  saya janjikan kemarin, saya akan menulis lanjutan bahasan tentang SD Card, jika anda belum membaca bahasan sebelumnya silahkan lihat di Kenali Macam Micro SD card sebelum membelinya . Nah, sekarang kita akan membahas tentang kecepatan sebuah SDcard, ini sangat penting untuk dipahami karena jika kita ingin kinerja perangkat kita maksimal maka SDcard ini adalah salah satu bagian yang menentukan. Pernahkan anda membeli sebuah SDcard dengan mempertimbangkan kecepatannya yang bisa diketahui dari kelas-kelasnya? Saya sih, jujur tidak pernah. hehe.. memang perangkat saya masih berjalan dengan fungsi Swapp All-nya namun kecepatannya tidak maksimal, masih laggy. Perlu diketahui bahwa SD card tersedia berbagai macam variasi kecepatan. Jika anda mempunyai sebuah kamera sederhana atau kamera saku mungkin kecepatan sebuah SD card tidak terlalu bermasalah. Namun, beda permasalahannya jika anda memakai High-Definition RAW Photo dengan Digital SLR, anda perlu SD card dengan kecepatan yang mumpuni sehingga mampu mengambil lebih dari 2 atau 3 foto sekali take. SD card biasanya dideskripsikan berdasarkan kecepatannya, berkisar antara Class 2 (paling lambat) sampai Class 10 (paling cepat). Ada juga yang lebih cepat lagi dari Class 10 yaitu UHS Class 1 (Ultra High Speed), namun perangkat sekarang ini kebanyakan tidak menggunakan SD card jenis ini.

sd cardSD Association (Sebuah badan yang mendeskripsikan SD card teknologi) tidak merilis sebuah standar tentang batas kecepatan masing-masing class untuk non-member, sehingga kita tidak mempunyai petunjuk yang pasti Class mana yang cocok untuk kebutuhan tertentu. Namun, ada deskripsi bahwa Class 2 itu cocok untuk Standard-Definition Video Recording, lain halnya Class 4 dan Class 6 yang sudah bisa untuk merekam High-Definition Video. Class 10 adalah untuk HD Video. Variasi Class ini sepertinya berbeda di antara pabrik SD card. Menurut SanDisk, contohnya, Class 4 menawarkan kecepatan Read dan Write sebesar 15 MBps, Class 6 sebesar 20 MBps, Class 10 mampu mencapai 30 MBps. Beda halnya dengan Kingston yang memberi batasan untuk Class 4 sebesar 4 MBps, Class 6 sebesar 15 MBps dan Class 10 mencapai 40 MBps. Menurut SanDisk, UHS-1 SD card bisa mentransfer data dengan kecepatan mencapai 45 MBps, dan menurur SD Association kecepatan maksimal yang bisa dicapai berdasarkan dari penggunaan antarmuka BUS adalah 310 MBps (Walaupun batas ini tidak akan dicapai oleh kartu memory dalam waktu dekat, seperti setelah beberapa UHS speed class ditemukan).

Umumnya, jika anda ingin mengambil HD Video atau anda berencana mengambil banyak gambar dengan High-Definition Photos –menggunakan RAW image file format di DSLR—anda bisa membeli Class 10 SD card. Jika anda berencana untuk hanya mengambil gambar snapshot atau video biasa maka Class 4 atau Class 6 sudah akan sangat membantu anda. Sejak smartphone sekarang ini bisa merekam HD video, Class 2 SD card bukanlah pilihan terbaik. Class 2 terlalu lamban untuk mengambil HD video,sehingga jika anda memakai Class 2 untuk perangkat HD anda maka anda membatasi kemampuan perangkat anda. Harga dari setiap kelas ini tidak berbeda terlampau jauh, tergantung berapa besar kapasitas yang disediakan oleh SD card tersebut. Jadi kesimpulanya, kenalilah perangkat anda untuk mengetahui SD card mana yang paliung tepat untuk perangkat anda. Jangan sampai perangkat canggih anda, anda batasi kemampuannya hanya karena anda salah memilih SD card.

Yep, sampai disini artikel Kenali Kecepatan SD card Terbaik Anda Sebelum Membelinya semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Kenali Kecepatan SD card Terbaik Anda Sebelum Membelinya"

Posting Komentar