Cara Membuat File Image ISO dengan Daemon Tools Lite

Cara Membuat File Image ISO dengan Daemon Tools Lite – Jika anda ingin mengamankan sebuah file dari serangan virus maka anda dapat membaca artikel cara mengamankan file dari virus. Nah, salah satu cara yang tertulis disitu adalah dengan memasukan file kedalam format .ISO. Format File ISO (International Organization for Standardization) adalah jenis file arsip yang memungkinkan pengguna untuk menyalin isi dari seluruh drive atau disk. File-file ISO tidak dikompresi dan mengandung banyak file lain yang semuanya telah dikumpulkan bersama-sama untuk transfer cepat dan mudah. File-file ISO yang paling sering digunakan sebagai pengganti CD tapi juga dapat digunakan untuk menyalin server, harddisk, atau perangkat penyimpanan lainnya. Perangkat lunak ISO memungkinkan pengguna untuk membuat file ISO, membakarnya ke disk, serta ekstrak konten darinya kembali. Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya membuat sebuah file image ISO. Ada beberapa software yang dapat membantu kita dalam membuat file arsip ini seperti Daemon Tool Lite, Magic ISO dll. Pada artikel ini tidak saya bahas semua aplikasi pembuat ISO, namun saya akan memberikan cara dari software yang paling banyak dipakai. Berikut adalah software yang dimaksud.

Daemon Tool Lite

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di google atau anda dapat mencarinya di situs FileHippo.com, oke tanpa berlama-lama langsung kita bahas tahap-tahapnya.

a. Installah Daemon Tool Lite ke PC anda, caranya mudah cukup dobel klik file instaler tersebut dan tekan next seperti pada kebanyakan instalasi software. Sekedar informasi untuk anda ketika proses installasi anda akan dihadapkan pada pilihan mau menggunakan Daemon Tools dalam versi berbayar (paid license) atau versi gratis (free license), saya sarankan anda pilih yang free license –anda tahu maksudnya kan?hehe.

b. Masukkan kaset disk yang ingin dibuatkan file ISO-nya ke CD/DVD Room.

c. Jalankan aplikasi Daemon Tools Lite yang sudah terinstal di PC anda.

d. Pada aplikasi Daemon Tools, klik icon “Make Disc Image”. Yaitu icon bergambar piringan DVD dengan disket di depannya.DTLe. Berikutnya pada dialog ‘Disc Imaging’ akan terdapat pilihan :DTL2

  1. Devices: Tentukan driver CD/DVD Room tempat kaset disk tersimpan
  2. Reading Speed: Atur kecepatan pembacaan Disk atau biarkan saja default.
  3. Destination image file: tetukan driver tempat penyimpanan file ISO.

Pada Destination file image anda akan memilih direktori/folder dimana file ISO anda akan ditempatkan. Anda sebenarnya bisa membuat file dalam bentuk iso, mds, dan mdx. Namun khusus tips kali ini, pilih “Standard ISO Image (iso)” pada bagian ‘Save as type’, lalu klik tombol “Save”.

f. Anda akan kembali dibawa ke dialog ‘Disc Imaging’, untuk memulai proses pembuatan file ISO dari kaset disk CD/DVD, klik tombol “Start”.

g. Tunggu hingga proses selesai, lalu klik “Close”.

Dengan cara seperti diatas anda sudah membuat file image ISO. Daemon Tools Lite selain untuk membuat file image dapat juga digunakan untuk membuka file tersebut atau istilah lainnya virtual disk.

Nah, begitulah Cara Membuat File Image ISO dengan Daemon Tools Lite semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Membuat File Image ISO dengan Daemon Tools Lite"

Posting Komentar