Cara Uninstall Aplikasi dari Laptop atau PC

Cara Uninstall Aplikasi dari Laptop atau PC - Jika anda mendapati komputer atau laptop anda mulai terasa lemot, mungkin anda perlu menggantinya dengan yang baru. hehe.. enggak ding! ada kemungkinan bahwa PC anda perlu maintenence entah pada bagian memori/defrag, scanning registry, pengecekan harddisk atau scanning virus. Ada satu lagi penyebab PC menjadi lambat yaitu terlalu banyak program atau software yang terinstal, nah, sekarang saya akan menekankan pembahasan pada penyebab yang terakhir yaitu terlalu banyak program yang terinstal. Pada pembahasan kali ini akan saya tuliskan bagaimana cara menguninstal atau mencopot software atau aplikasi yang ada di PC.

Seringkali PC yang saya tangani memiliki banyak program yang terinstal didalamnya, setelah saya telusuri ada software yang sengaja diinstal oleh pemilik namun ada juga software yang tidak sengaja terinstal. Ada beberapa cara software  terinstal di PC kita, yang benar adalah pemilik tahu bahwa dia menginstal software tersebut sedangkan yang sering terjadi juga dan hal ini yang kebanyakan menyebabkan PC lambat karena resource PC ikut dimakan oleh software ini adalah software yang terinstal sebagai ‘saran’ saat kita menginstal software tertentu. Karena ketidak tahuan kita akhirnya kita klik ‘next’ pada iklan software tersebut tanpa menghilangkan centang pada check box iklannya sehingga software tersebut ikut terinstal di PC kita (berputar-putar ya?saya juga bingung bagaimana menjelaskannya..hehe). Ada lagi software yang terinstal dengan sendirinya di PC kita melalui internet, contoh gampangnya adalah ketika kita mendownload sesuatu ternyata yang kita download bukan file yang kita maksud melainkan downloader dari file yang kita maksud atau bahkan aplikasi yang sama sekali berbeda sehingga ketika kita klik dua kali pada file tersebut maka file tersebut akan terinstal pada PC kita. software atau aplikasi inilah yang perlu untuk diuninstal, toh tidak berguna juga di PC kita, kan?

Berikut adalah cara untuk menguninstal Aplikasi dari PC.

1. Silahkan menuju Control Panel dan masuk ke pilihan Program atau langsung klik pilihan Uninstall a program. Jangan lupa untuk memilih view by Category di pojok kanan atas supaya tampilan persis seperti gambar saya.

control panel2. Setelah meng-klik uninstall a program maka akan muncul jendela baru yang berisi program-program/software yang ada di PC. Silahkan pilih software yang ingin anda uninstall jika sudah maka akan muncul pilihan baru di sebelah Organize yaitu –bervariasi untuk beberapa software— Uninstall/Change atau Uninstall atau Repair atau gabungan dari pilihan tersebut. Pilihlah Uninstall/change atau Uninstall untuk mencopot program tersebut. Pada gambar di bawah saya akan mencopot VMware dan kebetulan perintah yang keluar adalah Uninstall/Change.

uninstall3. Setelah anda klik Uninstall maka akan muncul lagi jendela konfirmasi –setiap software memiliki konfirmasi yang berbeda-beda, ada yang sederhana dan ada juga yang lebih kompleks—silahkan klik next atau klik pilihan remove/uninstall yang ada di jendela munculan tersebut (di beberapa kasus hanya dengan meng-klik yes maka akan teruninstall). Dikasus saya untuk menguninstall VMware muncul jendela seperti dibawah ini :

A.instalation wizard

B.RemoveC.progres

Dengan mengikuti langkah ke-3 maka software anda akan teruninstal dari PC dan PC anda akan memiliki ruang lebih untuk menampung software lain atau menjalankan software lain.

Jika anda memiliki pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar yang ada dibawah ini, jika anda memiliki tanggapan atau jawaban tidak ada salahnya untuk berbagi pada kolom komentar. nah, semoga artikel Cara Uninstall Aplikasi dari Laptop atau PC ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Uninstall Aplikasi dari Laptop atau PC"

Posting Komentar