5 Tips Memilih Hardisk Eksternal

Tips memilih hard disk eksternal yang baik | Harddisk internal komputer saya sebesar 500GB, kapasitas tersebut ternyata kurang untuk kebutuhan penyimpanan saya. Buktinya drive C dan D saya sudah berwarna merah –biasanya kalo sudah begini saya pilih satu persatu untuk dihapus, sayang sih, tapi mau bagaimana lagi.

Saya penggemar film. Koleksi film saya di harddisk sangat banyak –banyak pula yang terpaksa saya hapus karena keterbatasan ruang penyimpanan, hehe.

Koleksi film saya ada disini

kebutuhan ruang saya semakin banyak karena pekerjaan saya yang berhubungan dengan desain, untuk mengatasi masalah ini saya memutuskan untuk membeli harddisk eksternal. Nah, kali ini saya akan berbagi tips tentang cara memilih harddisk eksternal yang bagus. Tips ini saya dapatkan dari internet ketika saya mencari rekomendasi harddisk.

Baca juga : Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca Komputer

hardisk eksternalYep, langsung saja ini dia tips-nya :

  1.  Jenis Harddisk – Ada 2 macam jenis harddisk yang beredar di pasaran yaitu SSD (Solid-State Drive) dan HDD (Hard-Disk Drive). Perbedaan antara keduanya yang kentara adalah di kecepatannya, SSD unggul dalam kecepatan dibandingkan HDD. SSD juga lebih aman dibandingkan HDD karena komponen SSD tidak ada yang bergerak, tidak seperti HDD. Namun begitu harga SSD untuk besaran kapasitas yang sama bisa mencapai 3 kali lipat harga HDD. Jika uang bukan masalah untuk anda maka saya sarankan anda memilih jenis SSD. Namun tipe HDD juga bagus, asal anda tidak memperlakukannya secara kasar atau tanpa henti. (info : Komputer dibawah 10 jt masih memakasi HDD)
  2. Daya Tahan – Semua alat elektronik termasuk Hard disk eksternal pasti memiliki kelemahan, nah, jika anda adalah orang aktif yang sering bepergian atau bekerja di lapangan pastikan hard disk portabel anda memiliki kelebihan di sisi daya tahan. Biasanya hard disk ini memiliki case yang kuat dan tebal guna perlindungan tambahan. (anda dapat mempertimbangkan untuk memakai pouch supaya hard disk anda mendapat perlindungan tambahan.)
  3. Kapasitas – Sesuaikan kebutuhan anda dengan kapasitas harddisk sehingga anda dapat menghemat biaya supaya sesuai kebutuhan. Jika anda banyak bekerja dengan dokumen atau file office lain, maka kapasitas 250 GB sudah cukup untuk anda. Namun jika anda lebih sering bekerja dengan file besar seperti desain, file mixing, atau editing film lebih baik anda menyediakan kapasitas yang lebih besar kisaran 1 TB keatas.
  4. Kecepatan – Saat ini sudah keluar teknologi USB 3.0 yang sudah pasti lebih cepat daripada USB 2.0, kecepatan membaca dan menulis harddisk juga akan berpengaruh pada durasi waktu anda, jadi pastikan anda mendapatkan teknologi terbaru pada harddisk anda. Jika anda pengguna komputer Mac, anda mungkin perlu hard disk dengan konektor FireWire. Selain teknologi tersebut diatas, ada juga teknologi eSATA yang lebih cepat dari USB 2.0 namun dalam pengoperasiannya membutuhkan daya tambahan berupa colokan ke listrik. Kelebihan hard disk ini adalah lebih kuat untuk bekerja berat seperti men-copy file ukuran besar seperti film high-definition dll.
  5. Keamanan – Kebanyakan orang membeli hard disk eksternal adalah untuk mem-backup data alias mengamankan data, jadi otomatis keamanan hard disk itu sendiri harus diperhitungkan. Beberapa hard disk eksternal memberikan fitur keamanan yang bermacam-macam, ada yang berfungsi sebagai tempat menyimpan saja, ada pula yang secara otomatis mampu membuat file cadangan. Jika anda lebih megutamakan keaman, maka carilah hard disk eksternal yang dilengkapi software untuk mengenkripsi data yang tersimpan didalamnya atau dilengkapi password untuk membukanya.

Nah, ketika anda sudah menemukan hard disk yang cocok untuk anda, jangan langsung beli! tapi ada baiknya anda bandingkan dulu harga dan garansi dengan penjual lain, supaya anda mendapatkan hard disk dan pelayanan yang maksimal.

Beberapa hard disk yang bagus menurut beberapa sumber diurutkan dari penjualan terbanyak adalah sebagai berikut :

  1. Seagate
  2. Western Digital
  3. Hitachi
  4. Fujitsu-Toshiba
  5. Samsung

Sedangkan urutan hard disk berikut adalah dari yang paling awet :

  1. Hitachi
  2. Western Digital 500 GB
  3. Seagate 7200.10
  4. Fujitsu Tosibha
  5. Samsung

Nah, bagaimana? untuk lebih memperbanyak referensi anda silahkan anda cek macam-macam hard disk ekternal di sini.

Semoga informasi tentang cara memilih hard disk eksternal ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih


Share This Article


0 Response to "5 Tips Memilih Hardisk Eksternal"

Posting Komentar