Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca Komputer

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca Komputer | Saya kemarin sempat menulis tentang 5 cara memilih hardisk eksternal yang bagus, nah, kali ini supaya melengkapi artikel tentang hardisk ini, saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca PC/laptop. Ada banyak kejadian dimana tiba-tiba hardisk ekternal tidak terdeteksi komputer, jika hardisk anda masih berada di masa garansi maka saya sarankan anda untuk pergi meng-garansikan hardisk anda. Namun sebelum itu silahkan baca dulu langkah dibawah ini, siapa tahu kesalahan bukan dari hardisk anda. Ada kalanya kesalahan berasal dari komputer seperti driver yang belum terinstal atau hardware USB-nya yang rusak. Namun jika komputer anda baik-baik saja, dan jika hardisk anda sudah tidak di masa garansi cobalah beberapa cara berikut untuk memperbaikinya.

external hardiskSebelum kita masuk ke tahap memperbaiki hardisk, ada baiknya kita mengetahui penyebab-penyebab kerusakan hardisk tersebut :

  1. Driver hardisk eksternal tidak dikenali
  2. Port USB rusak, kerusakan fisik pada hardware USB
  3. Hardisk eksternal kekurangan daya
  4. Driver OS komputer bermasalah

Nah, dari 4 penyebab diatas dapat kita coba satu persatu supaya kita mengetahui penyebab hardisk eksternal tidak terbaca.

Apakah driver Hardisk ekternal dikenali?

Ada beberapa merk hardisk ekternal yang membekali produk mereka dengan software pabrikan, biasanya merk Western Digital, Seagate atau Lomega menyertakan driver untuk hardisk mereka. Jika hardisk ekternal anda memiliki factory firmware and software tersebut, pastikan driver tersebut terinstal di komputer anda. Ini akan membantu komputer mengenali hardisk eksternal anda.

Port USB berfungsi dengan baik?

Biasanya di satu komputer terdapat beberapa USB yang bisa digunakan, cobalah satu persatu port USB tersebut. Jika anda mendapati hardisk anda dikenali pada port USB yang lain, maka dapat dipastikan port USB anda sebelumnya yang bermasalah.

Untuk meyakinkannya cobalah port USB anda dengan flash drive yang masih bagus dan anda yakini masih bisa. Sehingga anda tahu port USB anda yang bermasalah dan bukan hardisk eksternal anda. Jika ternyata port USB anda baik-baik saja, silahkan ke langkah selanjutnya dan berdoa supaya hardisk anda selamat.

Daya ke hardisk eksternal mencukupi?

Hal ini jarang terjadi kecuali jika hardisk eksternal anda adalah hardisk internal PC yang dieksternalkan (tahu maksudnya?), karena hardisk yang seperti ini akan membutuhkan daya yang lebih besar –biasanya, case/bungkus untuk hardisk jenis ini sudah dibekali dengan port untuk terhubung langsung dengan listrik.

Apakah Driver OS baik-baik saja?

Di langkah ini anda perlu memasuki device manager, caranya tekan tombol Windows pada keyboard dan tuliskan Device Manager di kotak pencarian. Masuk ke Device Manager dan perhatikan apakah di Unisversal Serial Bus terdapat tanda ‘!’ –pentung—berwarna kuning? jika iya, berarti memang driver OS anda yang bermasalah. Silahkan instal driver USB anda untuk mengatasi hal ini. Driver USB berbeda-beda untuk masing-masing jenis komputer, silahkan cari yang sesuai dengan hardware komputer anda.

Nah, kondisi lain yang mungkin terjadi adalah jika hardisk anda dikenali oleh windows (biasanya muncul proses di taksbar sebelah kanan) namun tidak muncul di windows explorer, silahkan menuju Disk Management dengan cara :

Windows + R (pada keyboard) => ketik diskmgmt.msc => Enter

Pada Disk Management, anda akan melihat partisi hardisk anda bahkan dibanyak kasus walaupun hardisk eksternal anda bukan termasuk partisi, akan tetap muncul.

Di Disk Management ini anda bisa memformat, menata partisi dan mengganti nama drive. Silahkan eksplore semua kemungkinan (hati-hati karena data anda di hardisk eksternal dapat terhapus, dan jangan sampai salah mengenali hardisk anda).

Yep, itu tadi beberapa cara untuk menyelamatkan hardisk eksternal anda yang tidak terbaca. Satu atau dua cara diatas mungkin dapat menghapus data anda di dalam hardisk eksternal. Jika cara diatas masih gagal atau terlalu sulit, cobalah ke service center terdekat meski tidak menjamin data anda akan selamat, lho. Jika data di hardisk tidak terlalu penting, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membeli hardisk eksternal baru. Baca : 5 Tips Memilih Hardisk Eksternal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca Komputer"

Posting Komentar