Cara Partisi Hardisk Di Windows 7 (Dengan Atau Tanpa Software)

Cara mudah partisi hardisk internal maupun eksternal | Setelah anda mengetahui fungsi dari partisi hardisk dan tahu bahwa hardisk anda harus dipartisi, disini akan saya bagikan cara mempartisi hardisk dengan atau tanpa software pihak ketiga.
Anda mungkin sudah tahu, Windows 7 memiliki fitur yang cukup ampuh untuk mempartisi hardisk internal maupun eksternal. Fitur ini disebut Disk Management.
Namun masih ada cara lain untuk mempartisi hardisk yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga, pada artikel ini saya akan membagikan cara partisi hardisk menggunakan aplikasi Easeus Partition. Easeus Partition adalah salah satu software terpercaya untuk disk management.
Nah, sebelum kita melangkah ke tahap selanjutnya, perlu diketahui bahwa efek dari partisi ini adalah semua data didalam hardisk akan dihapus jadi pastikan anda sudah mengosongkan dan atau mem-backup data anda.
Yang pertama akan saya share adalah mempartisi data tanpa menggunakan software tambahan/pihak ketiga. Metode ini dipunyai oleh OS Windows 7, jika anda masih memakai Windows XP silahkan langsung membaca cara kedua, berikut langkah-langkahnya :
  1. Persiapkan hardisk yang akan dipartisi, lalu hubungkan ke komputer.
  2. Klik kanan pada My Computer lalu pilih Manage.
  3. Akan muncul jendela Computer Management, langkah selanjutnya pilih  Storage lalu Disk Management.
  4. Pilih Drive yang muncul, disitu pasti ada drive system (biasanya [C:]) dan drive lainnya, silahkan dipilih drive yang ingin anda partisi –pastikan size hardisk anda cukup besar untuk dipartisi. Hardisk eksternal akan muncul dibawah hardisk internal –ditandai dengan Disk 1, Disk 2 dst.
  5. Silahkan klik kanan pada hardisk yang ingin anda partisi dan pilih Shrink Volume.
  6. Isikan besaran partisi yang anda inginkan pada jendela munculan setelah langkah ke-5 (dalm MB). Silahkan isi ukuran sesuai dengan kebutuhan anda. Jika sudah, pilih Shrink.
  7. Jika nilai yang anda isikan benar, maka hardisk yang anda pilih tadi akan terpisah/terpartisi menjadi dua bagian.
  8. Klik kanan pada partisi baru, pilih New Simple Volume lalu Next.
  9. Jika ingin melakukan partisi lagi, cukup ulangi langkah diatas pada drive yang anda inginkan.
  10. Jika sudah, klik Next.
  11. Selesai.
Cara ke-2 adalah memakai Easeus Partition, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Silahkan Instal program Easeus Partition di komputer anda, aplikasi ini memiliki versi gratis yang bisa anda unduh disini.
  2. Sambungkan hardisk dengan komputer.
  3. Jalankan program Easeus Partition, kemudian klik Go to main screen.
  4. Anda akan melihat semua drive yang ada dan terhubung ke komputer anda pada jendela main screen.
  5. Tentukan kapasitas partisi hardisk anda melalui menu yang telah tersedia (anda perlu untuk memilih dahulu hardisk yang akan anda partisi), isikan semua data yang diminta dengan teliti. 
  6. Klik kanan dan pilih Create partition.
  7. Proses selanjutnya akan diurus oleh Easus Partition sampai selesai.
Nah, itulah artikel tentang cara mempartisi hardisk tanpa software dan dengan software. Cara ini dapat diaplikasikan untuk mempartisi hardisk eksternal maupun internal. Silahkan anda eksplorasi sendiri untuk fitur-fitur lain, mungkin anda akan menemukan yang tidak tertulis disini, jika ya, silahkan berbagi dengan cara menuliskannya di kotak komentar di bawah ini.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Share This Article


0 Response to "Cara Partisi Hardisk Di Windows 7 (Dengan Atau Tanpa Software)"

Posting Komentar