Cara Mengatasi error 1935 Saat Instalasi Microsoft Office 2013

Cara mengatasi Error 1935… saat instalasi Microsoft Office 2013, 2010 atau 2007 | Saya banyak menemui kasus dimana orang awam (masalah komputer) mengeluh tentang komputer mereka yang super lemot atau termakan virus atau masalah-masalah lain yang seharusnya bisa dicegah. Kebanyakkan masalah mereka adalah tidak mengetahui apa yang mereka instal ke komputer mereka. Sehingga komputer mereka penuh dengan bloatware, bundleware dan aplikasi-aplikasi perusak lainnya.

Jika mereka ditanya, “kok ada aplikasi ini di komputermu?”, jawaban mereka adalah,”lho, gak tahu..siapa yang instal, ya?”, atau “gak tahu, tuh, tiba-tiba muncul sendiri!”. Bisa apa kita kalau sudah begini? haha..

Intro diatas mungkin tidak nyambung dengan isi dari artikel ini, namun saya punya pendapat buruk tentang aplikasi-aplikasi tersebut yang mungkin menjadi salah satu penyebab kejadian yang akan Anda baca berikut ini.

Suatu hari di kantor saya, saya ingin mengeprint laporan di komputer teman saya karena komputer saya tidak ada printernya. Laporan saya dibuat di Office 2013 dan di komputer teman saya tersebut masih menggunakan Office 2007 dan lemotnya minta ampun!

Anehnya dia gak protes, mungkin sadar diri..hehe

Office06.PNG-550x0

Akhirnya sebagai balas budi sudah meminjami saya printer, saya utak-atiklah komputernya dan menguninstal beberapa aplikasi yang saya rasa hanya membebani komputer. Saya juga mengupgrade Office 2007 menjadi 2013, supaya laporan saya tampil dengan sempurna sih alasannya..hehe.

Disini masalah terjadi, Microsoft Office 2013 tidak bisa diinstal di komputer tersebut. Muncul pemberitahuan bahwa instalasi gagal dengan pesan “error 1935…”.

Yang saya lakukan sebelumnya hanya meng-uninstal aplikasi-aplikasi (saya lupa namanya, dari Cina sepertinya..) yang tidak penting. Dan meng-uninstal Office 2007. Tidak ada yang lain.

Saya mulai menyalahkan aplikasi-aplikasi tadi.

Singkat cerita, saya mencari di internet penyebab error tersebut dan menemukan bahwa Ms. Office 2013 membutuhkan .Net Framework untuk bisa diinstal di Windows.

.Net Framework sudah terinstal di komputer tersebut, karena saya yang menginstal OSnya. Saya ingat.

Saya menyalahkan aplikasi tadi, lagi!

Kebetulan saya punya instaler .Net Framework 4. Lalu saya instal. Dan ternyata memang sudah terinstal di komputer tersebut namun ada kerusakan, sehingga butuh untuk di betulkan. Saya klik “Repair” pada jendela instalasi dan masalah teratasi. Ms. Office 2013 sudah bisa saya instal di komputer tersebut.

Jika Anda butuh bantuan untuk mengetahui apakah .Net framework di komputer Anda perlu di Repair atau download instaler baru, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan :

Repair atau Update Microsoft . NET Framework componentns

Pertama kali, periksa installed programs pada kontrol panel untuk memeriksa apakah .NET Framework sudah terinstal atau belum. Silahkan ikuti langkah berikut ini :

  1. Klik Start.
  2. Ketikan appwiz.cpl lalu tekan Enter.
  3. Carilah aplikasi Microsoft .NET Framework 4 Client Profile di jendela list program.

Jika Anda menemukan Microsoft .NET Framework 4 Client Profile, ikuti langkah berikut untuk me-repair  aplikasi tersebut:

  1. Tutup semua aplikasi.
  2. Klik Start.
  3. Ketikan appwiz.cpl lalu tekan Enter.
  4. Klik Microsoft .NET Framework 4 Client Profile dan klik Uninstall/Change.
  5. Pilih Repair .NET Framework 4 Client Profile to its original state dan klik Next.
  6. Jika proses repair sudah selesai, klik Finish, lalu klik Restart Now untuk merestart komputer.

Jika Anda tidak menemukan aplikasi Microsoft .NET Framework 4 Client Profile, silahkan mendownload dan instal aplikasi tersebut dari:

Microsoft .NET Framework 4 (Web Installer) 

Setelah itu cobalah untuk menginstal Microsoft Office 2013 Anda lagi. Jika Error 1935 tetap muncul, silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk uninstall dan reinstall .NET Framework dari komputer Anda.

Uninstall dan reinstall Microsoft .NET Framework components

note: .NET Framework Setup Cleanup Utility yang tersedia disini hanya Anda gunakan setelah Anda mencoba langkah diatas/sebelumnya.

Untuk menguninstall .NET Framework components dari komputer, ikuti langkah  dibawah ini:

  1. Buatlah temporary folder di desktop.
  2. Kunjungi blog .NET Framework Cleanup Tool User’s Guide dan download file dotnetfx_cleanup_tool.zip
  3. Ketika selesai, klik Open lalu klik Extract Now. Exstract file tersebut ke folder yang telah Anda buat tadi.
  4. Carilah cleanup_tool.exe di folder tersebut dan double-klik.
  5. Di pesan “Do you want to run the .NET Framework Setup Cleanup Utility?”, klik Yes.
  6. Klik Yes untuk melanjutkan.
  7. Di jendela Product to Cleanup, pilih versi .NET Framework yang Anda ingin hapus.
    • note: Anda tidak dapat menghapus versi .NET Framework yang menjadi bagian dari OS. Jika Anda menggunakan Windows 7, Anda tidak bisa menghapus .NET Framework version 3.5 atau dibawahnya.  
  8. Klik Cleanup Now.
  9. Restart komputer Anda setelah .NET Framework components terhapus.
  10. Download dan Install komponen berikut ini secara bergiliran sesuai dengan OS Anda:
    • .NET Framework 1.1 – untuk Windows XP
    • .NET Framework 1.1 SP1 – untuk Windows XP
    • .NET Framework 3.5 SP1 – untuk Windows XP, Vista, dan Windows 7
    • .NET Framework 4.0 – untuk Windows XP, Vista, dan Windows 7
  11. Restart komputer.

Silahkan coba lagi untuk menginstal Ms. Office 2013 Anda, seharusnya dengan langkah ini komputer Anda kembali normal dan dapat menginstal Ms. Office 2013.

Oya, Error 1935… ini tidak hanya terjadi di instalasi Ms. Office 2013 saja melainkan juga dapat terjadi di instalasi Ms. Office 2007 dan 2010.

Hanya kebetulan saja pengalaman saya ini ketika menginstal Ms. Office 2013.

Oke, semoga artikel tentang cara mengatasi error 1935… saat menginstall Ms. Office 2013 ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Bahkan jika Anda mau menambahkan atau mengkoreksi tulisan ini, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar juga. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Mengatasi error 1935 Saat Instalasi Microsoft Office 2013"

Posting Komentar