Masalah Start Menu dan Cortana di Windows 10 (cara memperbaiki )

Apa yang harus dilakukan jika muncul critical error Start Menu and Cortana aren’t working? - Oke, saya masih akan membahas mengenai Windows 10. Bukan karena saya tergila-gila dengan Windows 10 (err..at least bukan hanya karena itu) tapi karena memang banyak hal yang belum terjamah dari Windows 10 di artikel saya. Contohnya adalah yang akan kita bahas saat ini, Anda pasti sudah tahu dengan fitur-fitur Windows 10 yang menarik dan patut dicoba –jika belum, Anda bisa cek fitur-fitur canggih tersebut di sini—dengan semua kecanggihan yang dimiliki Windows 10, ternyata masih ada saja bug yang menghantui OS ini. Saya sempat menuliskan ulasan saya tentang Windows 10 setelah seminggu menggunakannya, bisa dibaca disini, namun yang berikut ini belum saya cantumkan karena memang baru saja saya alami.

Start menu and Cortana aren’t working, jadi kronologinya seperti ini, saya bekerja seperti biasa dengan Windows 10 tanpa melakukan hal-hal yang aneh yang melibatkan sistem, lalu tiba-tiba taksbar dan start menu berubah tampilan seperti pada tablet mode dan tidak bisa diapa-apakan. Sama sekali hang. Namun, jendela aplikasi yang terbuka masih bisa saya gunakan. Saya masih bisa bekerja dengan Word yang kebetulan masih terbuka saat itu.

critical error

Menyadari hal ini, saya coba masuk ke task manager dan merestart explorer.exe tapi nihil tidak ada hasil. Setelah itu saya coba restart laptop tersebut dan setelah masuk kembali ke desktop tiba-tiba muncul peringatan bahwa start menu dan cortana tidak bekerja, saya disarankan untuk log of lalu log in lagi sementara sistem secara otomatis akan membetulkan kerusakannya.

Oke, saya turuti.. tapi hasilnya tetap saja pesan itu muncul. Karena saya bingung dan tidak ada pilihan lain, akhirnya saya restart kempali laptop saya. Dan kali ini berhasil, Windows 10 berjalan seperti sediakala.

Senang rasanya, tapi..

Apa yang menyebabkan start menu dan cortana tidak berjalan itu membuat saya penasaran. Apalagi kejadian ini berulang-ulang. Tidak sering. Namun cukup mengganggu.

Menurut beberapa situs teknologi yang saya kunjungi,  Bug “Start Menu and Cortana aren’t Working” ini memang kelemahan dari Windows 10 yang sampai tulisan ini dibuat belum ada patch atau solusi dari pihak Windows. Saya rasa tidak semua pengguna Windows 10 merasakan bug ini, karena ketika saya menanyai teman saya yang juga memakai Windows 10 dia tidak mengalami gejala bug apapun. Hanya Cortana saja yang tidak mau jalan karena masalah region.

Namun, sambil menunggu Microsoft merilis software patch untuk bug ini supaya hilang secara permanen. Kita dapat melakukan beberapa cara temporary fixing berikut :

  1. Restart Komputer, seperti yang sudah saya lakukan sebelumnya, cara ini dapat mengembalikan start menu dan cortana menjadi normal. Cobalah restart perangkat komputer Anda, 1 atau 2 kali dan lihat apakah cara tersebut bekerja untuk Anda.
  2. Buat User Profile baru, Ini adalah cara baru yang saya dapatkan dari pcadvisor.co.uk, cara ini sudah digunakan oleh beberapa orang, Jadi cukup buat user profile baru. Sebenarnya ini bukan langkah ideal, namun jika Anda tidak mau berhubungan dengan command line maka cara ini dapat dipakai. Masuklah ke Control Panel –>User Account –> Change Account Type –> Add New User. Anda akan melihat beberapa pilihan yang memungkinkan Anda untuk menambah User sebagai Family atau Pengguna biasa. Lalu set user account Anda menggunakan yang baru, dan lihat apakah cara ini berhasil untuk Anda. Jangan hapus account original Anda, sementara Anda nanti mungkin dapat menggunakannya kembali jika Windows sudah memperbaiki bug ini.
  3. Comman Line, ini cara yang cukup extreme karena kita akan langsung masuk ke inti masalah walaupun perbaikannya masih temporary. Jadi, masuklah ke command prompt sebagai administrator –jika taskbar Anda hang seperti taskbar saya, silahkan tekan CTRL + ALT + Del untuk menuju Task Manager dan pilih menu File kemudian tekan dan tahan CTRL sambil meng-klik tombol Run—setelah itu ketikan “powershell” dan tekan enter lalu copy-paste perintah berikut ke command prompt : Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"} Tekan enter dan proses akan berjalan. Jangan Kaget jika ada tulisan berwarna merah yang mungkin akan keluar, agak mengerikan, namun hal ini normal karena kita tidak diharapkan masuk kedalam sistem. Jika proses telah selesai tutuplah jendela command prompt dan seharusnya sekarang Start menu sudah kembali berjalan normal.powershell

Oke, cukup sekian dulu artikel mengenai Memperbaiki Start Menu and Cortana Aren’t Working, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda memiliki cara lain atau pesan dan kesan silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ini. Sekarang jam setengan 1 pagi, sebaiknya saya tidur. Terimakasih, dan sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya. Smile

Sumber : pcadvisor.co.uk


Share This Article


2 Responses to "Masalah Start Menu dan Cortana di Windows 10 (cara memperbaiki )"