NFC : Membayar Menggunakan Smartphone

Apa itu NFC - Kemarin saya nonton serial film the flash disitu ada teknologi yang menarik saya, diceritakan di salah satu bar Barry –The flash, diberi nomer telepon cewek. Nah, yang menarik perhatian saya adalah cara nomer itu diberikan sangat keren, hanya menyentuhkan punggung kedua smartphone-nya saja. Alhasil, saya mencari apakah teknologi itu benar-benar sudah ada.

Ternyata, ADA!!

NFC namanya. Kependekan dari Near Field Communication. Teknologi yang dikembangkan dari QR Code. Lalu sebenarnya apa itu NFC? Apa fungsinya? Apakah hanya untuk bertukar nomer handphone?

Nah, kali ini akan kita bahas hal mengenai NFC ini dan cari tahu apakah smartphone anda mendukung teknologi ini.

Near Field Communication atau yang biasa disebut dengan NFC merupakan teknologi yang memungkinkan smartphone dan perangkat lain bisa berkomunikasi ketika di dekatkan. NFC bukan merupakan temuan baru, seperti Bluetooth dan Wifi teknologi ini menggunakan standar komunikasi radio wireless. Kerabat terdekat NFC adalah RFID (Radio Frequency Identification), namun NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek dari RFID. Kira-kira kemampuan NFC sekitar 10 cm.NFCPerangkat yang dilengkapi dengan NFC dapat berkomunikasi/mengirimkan informasi ke perangkat lain yang juga sama-sama memiliki teknologi ini. Terdapat istilah ‘tag’ di teknologi ini, tag berfungsi untuk memudahkan kita menerima atau mengirim informasi.

Sebagai contoh, sebuah tag untuk menu restoran anda tinggal tap pada tag menu tersebut dan menu retoran tersebut akan langsung muncul di smartphone anda. Tentu tag ini akan berfungsi di jarak kurang dari 10 cm.

Karena penggunaan dayanya sangat amat kecil, tag tidak memerlukan listrik untuk aktif . Bahkan NFC tag diklaim masih dapat digunakan ketika smartphone mati sekalipun. Keren gak tuh?!

Untuk menggunakannya anda perlu menyatukan atau menempelkan dua perangkat NFC. Misalkan ada dua smartphone yang mempunyai fitur NFC, anda tempelkan smartphone tersebut secara back to back. Jika anda memiliki NFC tags, cukup tempelkan belakang smartphone yang memiliki NFC untuk NFC tag.

Lalu, kegunaannya apa saja?

Teknologi ini difungsikan untuk bermacam-macam keperluan. Yang sudah banyak digunakan adalah yang berikut ini :

1. Sistem Pembayaran – Pembayaran menggunakan smartphone sudah sangat populer di Amerika. NFC dapat bekerja seperti MasterCard atau kartu kredit. Jadi tinggal dekatkan smartphone anda ke NFC-enabled payment terminal maka smartphone anda akan membayarkan keperluan belanja anda. Namun saya kurang tahu apakah di Indonesia sudah mendukung teknologi ini. Kalau belum, semoga segera saja. hehe

2. Mengirim Data – Seperti infrared (kalau anda masih ingat..hehe), bluetooth atau Wifi, NFC juga dapat digunakan untuk bertukar file atau soft data. Anda dapat dengan mudah mengirim foto, music, contact dan lain-lain. Kelebihannya dibanding bluetooth adalah NFC tidak perlu pairing device dulu untuk menggunakannya.

3. NFC Tag – Saya sudah menyinggung tentang NFC tag, contoh NFC tag yang lain adalah dapat digunakan untuk kampanye parpol/caleg. Tinggal anda tap saja tag parpol tersebut dan anda langsung dihubungkan dengan website yang berisi informasi yang dibutuhkan tentang parpol tersebut. Lumayan, jadi kita tidak memilih partai sacara buta. hehe 

4. Mendapatkan Informasi – Dulu QR Code adalah salah satu sarana para pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanannya. Sekarang teknologi tersebut telah di gantikan oleh NFC, karena dirasa lebih mudah kita tidak harus mengaktifkan kamera untuk membaca QR Code. Cukup tempel saja. Jadi selain tidak ribet juga tidak memakan waktu.

5. Transit dan Boarding pass - Ketika anda perbergian menggunakan pesawat, NFC dapat digunakan sebagai Transit dan Boarding pass di bandara. Hem, sepertinya menarik sekali.

Masih banyak lagi kegunaan NFC, oya, berikut adalah beberapa smartphone yang sudah mendukung NFC : Nexus 4, Galaxy Nexus, Nexus S, Galaxy S III, HTC One X, Nokia Lumia Series, HTC Windows Phone 8X dan Blackberry. Kabar terakhir menurut TechRadar Iphone 6 juga sudah dapat menggunakan teknologi ini.

Bagaimana? Apakah smartphone anda sudah mendukung teknologi NFC?

Nah, semoga artikel tentang Mengungkap Kecanggihan NFC ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "NFC : Membayar Menggunakan Smartphone"

Posting Komentar