Bagaimana mengatasi It looks like Windows hasn’t loaded correctly

Bagaimana mengatasi pesan It looks like Windows hasn’t loaded correctly | Setelah lama tidak menulis di blog ini akhirnya saya menemukan bahan untuk diposting di blog, namun bukan solusi yang saya sampaikan –walaupun akan ada trick yang akan saya bagikan—melainkan pertanyaan.

Jadi, kemarin saya membersihkan lab komputer yang sangat kotor dan mengupgradenya ke Windows 10 Creator Update. Semua perangkat keras di PC saya lepas dan bersihkan karena sudah lebih dari 5 tahun tidak pernah dibersihkan, alhasil debu menumpuk sangat banyak.

Singkat kata, lab menjadi bersih dan PC terpasang seperti sedia kala dan sudah saya pasang Windows 10 Creator Update. Semua berjalan dengan baik –ada beberapa kerusakan hardware yang bisa dimaklumi karena umur perangkan yang lama.

Setelah itu, saya mulai menginstal aplikasi-aplikasi yang dibubtuhkan kelas antara lain Office, PDF reader, Browser, Class Management software, Adobe produk dll.

Masalah muncul ketika saya selesai menginstal aplikasi. Secara acak ketika komputer dinyalakan, muncul informasi “Recovery – it looks like Windows hasn’t loaded correctly” dengan 2 tombol perintah “See advanced repair options” dan “Restart my PC”.

recovery

Saya masuk ke “See advanced repair options” namun sepertinya itu tidak berdampak apa-apa, sedangkan ketika saya pilih “Restart my PC” komputer langsung me-restart dan masuk ke desktop seperti tidak ada masalah. Saya curiga ini dikarenakan salah satu aplikasi yang saya instal. Namun, banyak juga di internet yang mengatakan ini masalah hardisk yang sudah tua atau terdapat files di C yang rusak.

Anehnya setelah masuk ke desktop tidak ada masalah apa-apa, komputer berjalan dengan normal seperti tidak ada masalah. Aplikasi juga berjalan dengan lancar. Namun pesan tersebut tetap saja muncul secara random (kadang muncul kadang tidak).

Dari masalah tersebut saya menemukan cara untuk mengatasinya, cara ini tidak berhasil untuk komputer saya. Namun akan saya tuliskan saja, siapa tahu dapat berhasil untuk Anda.

Cara pertama adalah dengan menggunakan perintah SFC /scannow, perintah ini adalah untuk mencari dimana letak error pada hardisk jika memang terjadi kerusakan file disana.

1. Silahkan masuk ke command prompt sebagai administrator.

2. Lalu ketikkan “SFC scannow” (tanpa tanda  petik)

3. Tekan Enter.

4. Tunggu hingga proses selesai. Jika masalah ditemukan, perintah ini akan langsung membetulkannya.

Cara kedua dapat Anda gunakan setelah melalui tahap diatas. Cara ini disarankan untuk dilakukan terlepas dari ditemukan atau tidaknya masalah oleh cara pertama. Dengan tetap menggunakan command prompt perintah yang selanjutnya adalah DISM.

1. Silahkan masuk ke command prompt sebagai administrator.

2. Lalu ketikan “DISM /Online /CleanUp-Image /RestoreHealth”

3. Tekan Enter.

4. Tunggu hingga proses selesai.

Dua cara tersebut adalah cara yang saya temukan di internet untuk mengatasi hal ini, namun jujur komputer saya masih bermasalah sampai saat ini. Silahkan Anda coba, siapa tahu cara tersebut malah berhasil untuk Anda. Toh tidak ada salahnya juga untuk dicoba, kan?

Nah, saya rasa cukup untuk curhatan saya kali ini. Jika Anda tahu cara lain untuk mengatasi ini, saya sangat berharap Anda meninggalkan komentar di kolom komentar. Hal itu akan sangat membantu saya dan mungkin juga pembaca yang lain. Juga jika Anda mempunyai pertanyaan lain seputar topic diatas, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Terimakasih, sudah membaca sampai paragraf terakhir. Semoga artikel Bagaimana mengatasi pesan It looks like Windows hasn’t loaded correctly bermanfaat untuk Anda.


Share This Article


2 Responses to "Bagaimana mengatasi It looks like Windows hasn’t loaded correctly"

  1. Kak kalau klik restart my pc itu aplikasi atau file file yg ada di lapatop kita hilang?soalanya saya gk tahu apa apa sama laptop

    BalasHapus