Cara Backup Contact Android ke Gmail

Cara backup nomor telepon dari Android ke Gmail - Gmail sebagai layanan email dari Google ternyata memiliki banyak fungsi selain hanya mengirim pesan. Salah satu fungsinya adalah untuk menyimpan nomer telepon dari smartphone anda. Tentu saja masih banyak fungsi lain dari akun Gmail ini namun yang akan kita bahas sekarang adalah bagaimana menggunakan fitur buku telepon di Gmail.

Kemarin saya ditanya tentang bagaimana caranya untuk export contact di Android ke Gmail. Nah, dari pertanyaan tadi saya pikir tidak ada salahnya saya tulis disini. hehe.. caranya tidak susah, kok. Jika anda sudah memakai Android maka contact anda tinggal di sinkronkan saja ke akun Gmail, tapi jika anda masih baru memakai android dan handphone anda sebelumnya masih kategori handphone jadul maka anda perlu usaha ekstra.

Nah, saya asumsikan contact anda sudah ada di smartphone Android. Ada 2 cara yang akan saya bagikan, silahkan pilih mana yang menurut anda paling mudah. Berikut caranya :

export contacts

Sinkronisasi

  1. Buka Setting, lalu pilih Account lalu di bagian My Account pilih Google.
  2. Jika anda mempunyai lebih dari satu account Google, maka pilihlah salah satu yang ingin anda pakai untuk menyimpan contact.
  3. Disitu akan muncul beberapa pilihan layanan yang dapat di sinkron-kan dengan akun Gmail anda. Pilihlah Sync Contacts.
  4. Selesai.

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut :

Export Contacts

  1. Simpan file contact ke dalam format .vcf, caranya buka Contact – Menu – Export/Import – Export to SD Card.
  2. Attach/kirim file contact yang telah di-export tadi ke akun Gmail anda.
  3. Buka pesan Gmail yang anda kirim menggunakan browser PC/laptop,  kemudian klik “Add to contacts”.contacts
  4. Selesai.

Dari dua cara tadi anda dapat mengecek kontak anda melalui menu Contacts di Gmail, ada di pojok kiri atas.gmail contacts

Nah, itu dia Cara backup nomor telepon dari Android ke Gmail. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Backup Contact Android ke Gmail"

Posting Komentar