Mengenal Kelebihan Windows 10 (technical Preview) #1

Kelebihan Windows 10 - Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa penerus Windows 8.1 bernama Windows 10, bukan Windows 9. Kenapa demikian? mungkin karena sudah ada 2 versi Windows yang menggunakan angka 9 yaitu Windows 95 dan Windows 98. hehe.. saya tidak tahu pasti. Anyway, bukan itu yang akan kita bahas sekarang, keluar dari permasalahan kode nama kita akan membahas apa, sih, yang baru di Windows 10?

Oya, untuk sekedar informasi sampai saat ini pihak Microsoft hanya menyediakan technical preview dari Windows 10 dan untuk Consumer Preview-nya mungkin masih beberapa bulan lagi di tahun ini. Saya belum tahu kapan Windows 10 rilis dan siap dipakai konsumen. Sabar saja, hehe..

Yang baru dari Windows 10 adalah kembalinya tombol Start Windows 7, Yei!! Dan, yang menarik lagi ada pemberitaan bahwa pengguna Windows 7, 8, 8.1 akan dapat menikmati Windows 10 secara gratis di tahun pertama. Harga setelah itu masih belum ada konfirmasi dari pihak Microsoft, yang telah dikonfirmasi adalah bahwa pengguna Windows 10 akan menerima support update gratis selama-lamannya (Selama perangkat komputernya ada, hehe..).

Oke, berikut adalah yang baru dari Windows 10 :

1. Tombol Start Kembali

Seperti yang saya singgung diatas, Microsoft melalui Windows 8 focus mengedepankan antarmuka Live Tiles. Microsoft mengira bahwa konsumen tidak keberatan jika desktop mereka berkurang fungsinya, langkah ini menuai banyak komplain dari konsumen dan akhirnya dibenahi di Windows 10.start menuStart menu pada Windows 10 akan menggabungkan antara ‘old school’ start menu dengan Live Tiles start menu, yang mengijinkan kita tetap bisa menikmati Windows 8.1 start screen dan Windows 7 start menu secara bersamaan.

2. Cortana

Apa itu Cortana? Anda tahu Siri dari Apple dan Google Now? nah, Cortana adalah teknologi yang bisa dibilang mirip dengan itu. Yang membedakan adalah Cortana terdapat di Windows 10, hehe.. Apa yang bisa dilakukan Cortana?

cortana Cortana di klaim dapat mempermudah anda mengakses file, aplikasi dan melakukan perintah-perintah sederhana hanya melalui suara anda (bahasa inggris tentunya).

3. Spartan Web Browser

Internet Explorer akhirnya diganti? Tidak, hadirnya Spartan Web Browser bukan untuk mengganti IE, melainkan browser ke-2. Kelebihan Spartan yang telah dijelaskan adalah browser ini mampu menandai/mark up halaman web sebelum kita membagikannya ke teman-teman kita, kita juga dapat memberikan komentar pada halaman web tersebut.

spartan Setelah halaman web tersebut ter-mark up dengan komentar kita, halaman tersebut akan memberikan link aktif lalu kita dapat share halaman tersebut. Mungkin lebih gampangnya, hampir seperti screen capture lalu kita beri komentar pada bagian tertentu setelah itu kita dapat membagikannya ke yang lain.

Belum lagi fitur cortana yang akan mendukung web browser ini, kemampuan untuk membaca halaman web secara offline dan pdf supportnya. Hem, sepertinya keren. :)

4. Windows Phone 10

Versi Windows 10 akan diturunkan ke smartphone, smartphone ini akan memiliki  aplikasi seperti Office dan Outlook yang menyerupai versi PC mereka. Windows Phone 10 mengintergrasikan aplikasi Skype dengan fitur SMS dan IM service yang akan dapat diakses dari semua perangkat Windows 10 anda.WP10

5. Antarmuka Continuum

Teknologi yang didukung Surface Pro 3 ini akan memberikan anda pengalaman yang mengasikan memiliki 2in1 perangkat. Maksudnya adalah jika anda memiliki tablet/perangkat layar sentuh yang memakai OS Windows 10 lalu mengkoneksikannya dengan keyboard fisik dan atau mouse, maka antarmuka tablet anda akan berubah seperti layaknya laptop, dimana memang antarmuka akan sama seperti di laptop. Lalu, segera setelah anda melepas keyboard akan muncul icon kecil di pojok kanan bawah yang menanyakan apakah anda akan mengubah mode tampilan ke antarmuka tablet.continuum Lalu setelah itu tampilan akan berubah, semua aplikasi akan membesar dan memenuhi desktop seperti pada Windows 8 start screen. Jika anda menancapkan kembali keyboard anda maka dengan segera antar muka tablet akan berubah menjadi antarmuka laptop.

Untuk kehebatan Windows 10 lainnya seperti Snap Assist, Multiple Desktop dll. anda dapat membacanya disini atau Baca Selanjutnya.

Sumber : itpro.co.uk, techradar.com, howtogeek.com


Share This Article


0 Response to "Mengenal Kelebihan Windows 10 (technical Preview) #1"

Posting Komentar