Masalah Suara (pecah) Pada Guitar Link USB Interface

Permasalahan suara pada Guitar Link USB Audio Interface | Hai, ini adalah artikel pertama saya setelah sekitar 2 bulan tidak menulis. Ada banyak hal yang membuat saya jadi tidak sempat menulis, akhirnya sekarang punya kesempatan menulis lagi. Anyway, bukan itu yang akan saya bagikan kali ini melainkan pengalaman saya dengan audio interface. Saya suka dengan musik dan sedikit bisa memainkan gitar, nah, ceritanya saya punya beberapa komposisi yang ingin saya rekam. Keinginan tersebut terhambat oleh media rekaman yang terbatas sedangkan jika merekam di studio akan memakan cukup banyak biaya.

Melihat hal tersebut saya mencari-cari cara untuk merekam dengan biaya rendah namun tetap menghasilkan audio yang layak, akhirnya saya menemukan beberapa artikel yang membahas home recording. Di artikel tersebut kita dapat memanfaatkan laptop kita untuk merekam suara, bahkan dengan kualitas yang bagus.

Akhirnya saya mulai menginstal software-software pendukung seperti Nuendo, Guitar Rig, Fruity Loop, EZDrummer, Asio4all, dll. Setelah semua terinstal saya langsung mencobanya, namun suara yang saya dapat saat menancapkan gitar saya ke laptop adalah suara yang pecah dan kotor, sama sekali tidak layak dengar. Mungkin soundcard laptop saya yang kurang bagus. Lalu, saya melihat-lihat harga soundcard/audio interface external yang ternyata tidak murah, hampir pupus harapan saya sampai akhirnya saya menemukan audio interface yang murah dan memiliki reputasi baik, setidaknya sesuai dengan harganya.

guitar-link-USB-interface_thumb2

Guitar Link Audio Interface, merupakan audio interface yang murah dan menjadi jawaban saya untuk merekam komposisi yang saya buat. Produk ini saya beli online dengan harga Rp. 59.200,-, murah bukan?

Namun, harga yang ditawarkan setiap toko berbeda-beda, kisaran harganya juga cukup luas, berkisar antara 50ribu – 150ribu. Entah bagaimana mereka menentukan harga.

Guitar Link sebenarnya adalah produk dari Behringer yang di-clone oleh produsen asal Cina..obviously..dengan tampilan yang sama persis hanya menghilangkan logo Behringernya dan dengan harga yang (sangat) lebih murah tentunya. Kisaran harga Guitar Link merk Behringer masih sekitar 600an ribu, jauh berbeda dengan kloningan yang saya beli seharga 59ribu, hehe..

Produk yang saya beli disertai dengan CD driver—yang anehnya driver tersebut bernama Behringer, hehe. CD tersebut selain berisi driver juga berisi software Guitar Rig 2 yang bisa Anda gunakan sebagai efek virtual untuk gitar ataupun bass. Instalasi berjalan lancar tanpa ada masalah dan hardware juga langsung dikenali.

Setelah semuanya siap saya langsung mencobanya dengan gitar dan menggunakan software Guitar Rig 5, namun suara yang saya dapatkan masih jelek, nada yang saya bunyikan terkesan berlayer/ dobel-dobel dan tidak pitch sehingga sangat mengganggu. Ketika saya utak-atik ternyata permasalahannya adalah di nilai sample rate-nya. Setelah saya ubah ke sample rate yang lebih besar, dari sample rate 44100 menjadi 48000, suara yang dihasilkan lebih bersih dan bagus. Tidak rugi saya membeli audio interface tersebut, hehe.

Untuk detail yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Buka Control panel Asio4all pada Guitar Rig, dengan cara Klik File –> Audio and MIDI setting …

2. Secara default isian sample rate pada tab Audio bernilai 44100 maka, jika suara yang dihasilkan masih pecah, silahkan isi tab Audio dengan isian berikut:

Driver : ASIO

Device : Behringer USB Audio

Sample Rate : 48000

3. Selanjutnya klik tombol ASIO Config disamping tulisan Device pada tab Audio. Pada Device pilih Behringer USB Audio, lalu centang cekbox output dan input, ubah radiobox Sample rate ke 48kHz. Lalu klik tombol Close

guitar-rig-audio-and-midi-setting-AS

4. Untuk mengatur inputan supaya suara dari instrumen keluar, silahkan masuk ke tab Routing pada tombol input ubah isian seperti gambar dibawah ini, ubah juga isian pada output sesuai dengan audio interface Anda. Lalu klik OK.

guitar-rig-audio-and-midi-setting_th

5. Selesai.

Silahkan coba instrumen Anda, seharusnya saat ini suara yang dihasilkan sudah menjadi lebih bagus dan bersih. Jika Anda mendapati masih ada noise yang mengganggu, silahkan cek dengan melepas kabel jack instrumen dari Guitar Link USB Audio Interface dan cek apakah suara noise hilang, jika ya, maka yang bermasalah adalah kabel Anda atau mungkin instrumen Anda.

Memang ada banyak kemungkinan untuk penyebab noise pada waktu rekaman, itu adalah hal yang umum. Cara yang paling banyak disarankan untuk menghilangkan noise adalah dengan menambahkan kabel ground pada komputer atau audio interface. Saya sendiri masih belum mencoba apakah cara itu ampuh untuk dilakukan. Nanti saya coba, kalo ampuh akan saya ceritakan di blog ini. hehe.

Nah, itu dia pengalaman saya tentang Guitar Link USB Interface yang sangat saya rekomendasikan buat Anda yang ingin merekam karya Anda di rumah dan murah meriah. Terimakasih.


Share This Article


21 Responses to "Masalah Suara (pecah) Pada Guitar Link USB Interface"

  1. ini kalo nga pake soundcard(pake yang bawaan) bunyi yang masuk delay khamas????

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tp ada software namanya ASIO buat meminimalisir delaynya..softwarenya kecil dan gratis..

      Hapus
  2. Hola Mr. Yusup Pamungkas

    I do really like your blog, especially about music stuff. #soKEMINGRIS

    Informasi Guitar Link membuat hasrat bermusik kembali dan mulai terusik untuk menabung kembali. Sebenarnya, sudah lama tidak main gitar sih, cuma sering denger lagu-lagu bagus aja.

    Terima kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo2..terimakasih, saya juga hobi musik pengen mainan audio editing juga..hehe, masih belajar..D

      Hapus
  3. Saya baru beli guitar link jg. Tpi sebelum jack gitar d tancapkan suara noise sdh keluar. Dan noisenya hampir sama kuatnya seperti pada saat tnpa pakai usb guitar.
    Saya sdh coba ground dn ganti kabel jack tapi tidak berhasil.
    Kira kira permasalahaannya d mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama brooo, udah cari solusi kemana mana blm nemu

      Hapus
    2. Pengarus dari arus charger, coba chargernya dilepas. Pasti noisenya ilang

      Hapus
    3. jawab pertanyaan 2 tahun yg lalu, kalo pake laptop jgn sambil di charge.. kalo pake pc, grounding pc nya.. lilitin kabelnya di baut chasing..

      memang kdang masih noise, solusinya pake eq, cut freq 10khz sama 100hz, atau nanti bersihin pake de noiser (flstudio) atau noise removal (audacity).

      Hapus
  4. Beli nya dimana sih gan usb link nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak beredar di toko online gan..harganya juga bervariasi..

      Hapus
  5. kalau disambungkan ke headset kok cuma bunyi sebelah ya gk bisa stereo . tolong dibantu min

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu sepertinya masalah di softwarenya..coba di cek di softwarenya sudah stereo atau belum.

      Hapus
    2. Maksudnya software yg mananya gan? Ane juga sebelah doang yang work headphonenya?

      Hapus
    3. cek guitar rignya, mainin L/R input sama outputnya.. cek jg di asio..

      Hapus
  6. Guitar link ini bisa buat mic condensor tidak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mic condensor biasanya perlu tambahan daya pake phantom power, guitar link ini gak punya tambahan daya seperti itu, jadi mungkin bisa aja tapi hasilnya gak akan maksimal..suaranya bakal kecil saya rasa..

      Hapus
    2. beli phantom power suply, harganya sekitar 200-400rbuan.. jd total 300rbuan kalo sama usb guitar linknya.. opsi lain, beli usb sc yg khusus recording, misal behringer um2 850-1jtaan, isk ds coustic ds1, a-pro m3usb, dll.

      gw jg lg nyari barang kya gtu di harga 500rbuan kali aja dpt :v

      Hapus
  7. Bang tanya dong kok suaranya meletup letup yahhh pas ane pake usb guitar link nya tapi kalo ane pake souncard pci normal tolong bang pencerhanya trma ksh

    BalasHapus
  8. gw br pesen jg brang kya gni, dr dlu udh mau beli mkir2 lg..

    kalo yg mono, coba di app guitar rig nya pake amp simulator yg bisa bkin audionya jd stereo..

    kalo yg noise, biasanya dr grounding listrik, cabut charger laptop aja.. cuman gw ga habis pkir, harusnya usb soundcard ga ngaruh sma msalah begituan soalnya kn unitnya terpisah dr mb laptop.. ntar gw coba2 kalo brang udh nyampe

    BalasHapus