Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 atau 8.1

Cara mengembalikan Windows 10 ke versi Windows sebelumnya | Kabar tentang Windows 10 sudah lama keluar, banyak yang sudah menggunakannya di perangkat laptop atau komputer. Beberapa ada yang memuji, ada juga beberapa yang memberi kritikan terhadap produk OS terberu dari Microsoft ini. Jika Anda sudah menginstal OS ini maka saya yakin Anda sudah merasakan perubahan yang ditampilkan oleh Windows 10 ini, masalahnya adalah tidak semua perubahan berjalan lancar. Ada beberapa fitur Windows 10 –entah Anda sudah mengalaminya atau belum—tidak bisa berjalan dengan baik. 

Jika dilaptop saya, kelemahan yang sangat terasa dari Windows 10 ini adalah ‘lemot’. Memang saya hanya memakai RAM 2 Gb, tidak cukup besar memang. Namun saya bandingkan dengan Windows 7, memang Windows 10 lebih banyak memakan resource. Lemot ini terasa ketika Windows 10 dipakai dalam jangka waktu 1-2 jam. Untuk pencarian file melalui cortana saja terkadang sangat lama (respon terhadap keyboard), start menu yang nge-lag dan taksbar yang error.

Dari kelemahan yang saya rasakan itu saya menetapkan hati untuk men-downgrade Windows 10 saya ke Windows 7. Bisa? ya, bisa. Caranya juga cukup sederhana.

  
Kembali ke Windows 7 atau Windows 8, 8.1

Jika Anda upgrade perangkat komputer ke Windows 10 –bukan clean instal, tapi upgrade—maka perangkat Anda akan mempunyai pilihan yang mengijinkan Anda untuk men-downgrade perangkat komputer Anda ke OS sebelumnya.

Untuk mengakses pilihan ini, silahkan Anda membuka Start menu dan pilih Setting. Klik Update & security dan pilih Recovery.

Anda seharusnya akan melihat pilihan “Go back to Windows 7” atau “Go back to Windows 8”. Klik tombol Get started untuk menghapus Windows 10 dan kembali ke Windows OS versi sebelumnya. Microsoft akan menampilkan kuisioner tentang mengapa Anda ingin kembali ke OS lama, silahkan isi atau tinggalkan saja.

Oya, catatan jika Anda sudah memakai Windows 10 lebih dari sebulan –atau jika Anda sudah melakukan Disk Cleanup dan menghapus file “Previous Windows Installations” atau menghapus folder Windows.old di Drive C://—maka Anda tidak lagi memiliki option diatas. Windows 10 ternyata secara otomatis akan menghapus file instalasi Windows yang lama setelah satu bulan untuk memberikan ruang lebih bagi sistem.

Bagaimana cara kembali ke OS sebelumnya jika Windows 10 tidak memberi pilihan di menu Recovery?

Jika tidak ada pilihan kembali ke Windows sebelumnya di menu Recovery, maka satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk downgrade ke sistem sebelumnya adalah dengan cara clean instal Windows 7. Cara yang biasa dilakukan ketika instal OS baru di perangkat komputer. Otomatis dengan begini Anda akan mendapatkan OS yang fresh tanpa aplikasi apapun didalamnya, sehingga Anda harus menginstalnya lagi satu persatu. 

Untungnya Clean Instal juga mudah dilakukan, apalagi Microsoft menyediakan ISO file yang memungkinkan Anda menginstal OS dari USB drive. 

Hal ini juga berlaku untuk perangkat komputer yang datang dengan Windows  10 didalamnya, jika Anda baru membeli perangkat tersebut dan ingin menggunakan Windows 7 atau Windows 8 daripada Windows 10, Anda juga harus melakukan Clean Instal. Untuk melakukan ini secara legal maka Anda diharuskan membeli lisensi Windows 7 atau Windows 8 dan menginstalnya dari awal lalu memasukkan product key yang Anda beli ketika proses instalasi.

Jika Anda menginstal Windows 7 atau 8 tanpa lisensi maka ada kemungkinan OS tersebut akan mendapatkan pesan “Windows is not Genuine” di desktop. Dan ini –menurut saya—sangat mengganggu, karena background akan hitam dan beberapa fitur Windows mungkin tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Yep, itulah pengalaman saya men-downgrade Windows 10 ke Windows 7, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau tanggapan, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar dibawah artikel ini. Terimakasih.

Share This Article


0 Response to "Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 atau 8.1"

Posting Komentar