Tips Memilih Smartphone Murah Berkualitas

Tips Memilih Smartphone Murah BerkualitasSaya pernah di komentari oleh teman saya yang iseng, “jaman sekarang masih sms?!,” komentar itu saya tanggapi dengan tertawa, memang di jaman modern ini sms mulai berkurang popularitasnya dan mulai tergantikan dengan chatting dari aplikasi-aplikasi tertentu semacam whatsapp, BBM, Line, KakaoTalk, WeChat dll. Sayangnya, aplikasi-aplikasi tersebut hanya ada di Smartphone, otomatis jika kita ingin menikmati enaknya ber-chatting-ria dengan teman, sanak saudara atau menikmati segala kecanggihan smartphone, kita harus membeli benda canggih tersebut. Harga smartphone memang bermacam-macam dari yang murah sekali sampai yang mahal sekali, masalahnya adalah kualitas smartphone tersebut bagaimana?. Kita –ehm, atau saya … ingin smartphone yang murah namun berkualitas, ya kan? nah, disini akan dibahas beberapa tips untuk memilih smartphone yang murah namun berkualitas. Silahkan Cek..cek..cek..

smartphone

1. Dana

Murah itu bukan tanpa biaya sama sekali lho,hehe.. jadi pikirkan berapa dana yang anda siapkan untuk smartphone anda nantinya, sehingga range pencarian smartphone bisa lebih diperkecil a.k.a tidak membingungkan dan tidak bikin galau.

2. Spesifikasi

Nah, yang kedua ini berhubungan dengan kebutuhan anda. Apakah smartphone anda akan digunakan untuk game, kamera, atau kebutuhan standart smartphone? untuk permasalahan ini, anda dapat mempertimbangkan spesifikasi dengan mencari di internet seperti besar ram untuk gamer, tinggi resolusi untuk yang suka foto, kapasitas kecepatan data untuk yang suka browsing internet.

3. Aksesoris

Beberapa orang membeli smartphone tanpa memperhatikan ketersediaan aksesorisnya, dan terkadang hal ini akan membuat kita kesulitan. Contoh paling gampangnya adalah mengganti casing yang rusak, screen guard, flip cover, dan aksesoris pendukung lainnya. Tentunya dengan banyaknya ketersediaan aksesoris dapat membuat anda lebih mudah untuk mengganti varian dari smartphone tersebut.

4. Garansi Resmi

Ini hal penting yang harus anda perhatikan, kebanyakan garansi resmi adalah 1 tahun. Pastikan bahwa toko yang anda kunjungi memberikan anda garansi resmi supaya jika terjadi cacat produksi pada smartphone anda maka anda dapat menggaransikan smartphone anda sehingga anda tidak akan merasa rugi.

5. Service Center

Patikan Service Center smartphone anda ada di kota anda, sehingga jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu anda dapat langsung menuju SC yang terpercaya. Banyak merk smartphone yang baru masuk Indonesia yang sebenarnya bagus, namun belum mempunyai service center sehingga akan menyulitkan pelanggan jika mengalami keluhan. Hal ini pernah saya alami dulu ketika membeli HP, ternyata service centernya ada di luar kota yang cukup jauh 3-4 jam perjalanan, sehingga saya harus menuju kesana saat HP saya “sakit”.

6. Update Software

Seperti yang kita ketahui bahwa Android adalah sistem operasi yang bersifat open source, artinya kemungkinan untuk selalu update software akan banyak. Ada baiknya anda cek support yang diberikan oleh produk tersebut yang tentunya hal ini akan berdampak pada kemudahan kita apabila adanya suatu update tertentu.

7. Smartphone 2nd

Ini adalah alternatif untuk mendapatkan smartphone dengan spesifikasi tinggi namun harga terjangkau, tapi tidak disarankan untuk anda yang masih awam mengenai smartphone. Banyak smartphone mahal dijual sangat murah dengan berbagai alasan, anda dapat mencari di forum jual beli yang tersebar di internet.

8. Review

Ketika anda sudah memilih smartphone, melihat spesifikasi dan harga. Ada baiknya anda membaca review dari smartphone pilihan anda tersebut, carilah review yang bisa dipertanggung jawabkan biasanya terdapat di website2 review gadget yang sudah besar. Atau anda dapat menanyakan pengalaman pemakaian ke forum yang membahas smartphone anda tersebut.

sekian dulu tips yang kita bahas kali ini, semoga anda menemukan smartphone yang pas untuk anda dan semoga   Tips Memilih Smartphone Murah Berkualitas  ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Tips Memilih Smartphone Murah Berkualitas"

Posting Komentar