Cara Reset dan Recover Windows Phone yang Tidak Bisa Menyala/Bricked

Membetulkan sendiri Windows Phone yang tidak bisa menyala | Windows Phone adalah smartphone terbesar ketiga saat ini, pun begitu masih banyak orang belum tahu troubleshootingnya. Terlebih bagi mereka yang baru saja memakai Windows Phone sebagai alat telekomunikasi. Seperti smartphone lain, Windows Phone juga terkadang mengalami masalah software atau lebih parah lagi mengalami bricked (tidak bisa menyala). Jika hal tersebut terjadi langkah yang bisa anda lakukan adalah membawa smartphone anda ke tempat service resmi atau –yang saya bagikan disini—anda dapat membetulkannya sendiri.

Jika anda membetulkan sendiri Windows Phone anda ada beberapa kelebihan yang anda dapatkan, yang pertama adalah biaya –anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membetulkan smartphone anda—lalu yang kedua adalah pengetahuan dan pengalaman –jika hal tersebut terjadi lagi maka anda akan langsung tahu apa yang harus dilakukan, lebih cepat karena tidak perlu antre dan masih banyak keuntungan yang lain.

Perlu diketahui bahwa cara yang saya bagikan dibawah ini adalah untuk merestore windows phone dengan cara mereset windows phone anda. Jadi pastikan data-data di dalam smartphone anda sudah ter-back up.

Baca juga : Kembalikan performa komputer dengan System Restore

Pastikan juga windows phone anda dalam keadaan baterai penuh. Perlu diketahui juga bahwa selama proses berjalan, windows phone anda tidak bisa digunakan.

Nah, tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah langkah langkah yang perlu anda lakukan. Anda akan memerlukan Windows Phone Software Recovery Tool untuk memperbaiki windows phone anda. Berikut adalah caranya :

  1. Instal Windows Phone Software Recovery Tool, bisa anda dapatkan di sini (Untuk Lumia Phone dengan OS Windows Phone 8 atau lebih baru). Untuk melihat versi OS windows phone anda silahkan menuju Settings –> About
  2. Jalankan aplikasi lalu hubungkan windows phone anda dengan komputer. Aplikasi ini secara otomatis akan mengenali windows phone anda, jika tidak maka klik tombol My phone was not detected di sisi bawah jendela utama lalu ikuti instruksi yang ada.windows phone software recovery tool
  3. Jika windows phone anda sudah terdeteksi, tekan Reinstall Software untuk memulai proses instalasi OS ke windows phone anda.phone info
  4. Selesai

Jika smartphone anda tidak terdeteksi oleh aplikasi Windows Phone Recovery Tool dalam waktu lebih dari satu menit, anda dapat mencoba untuk merestart windows phone anda : Dengan kabel USB tetap terhubung dengan komputer, silahkan tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan lalu lepaskan tombol ketika ponsel bergetar.

Instalasi ini mengikutsertakan dua hal. Pertama mendownload firmware terlebih dahulu lalu firmware siap untuk dijalankan. Untuk langkah pertama anda memerlukan koneksi internet untuk mendownload firmware. Ukuran firmware yang dibutuhkan cukup besar antara 1,5 – 2 Gb, jadi pastikan anda memiliki kuota cukup atau silahkan memanfaatkan jaringan wifi. Proses selanjutnya akan menghabiskan waktu sekitar 10 – 15 menit.

Setelah firmware terinstal dan windows phone merestart secara otomatis, anda akan merasa menggunakan windows phone yang baru beli.

Jika anda masih menggunakan versi OS dibawah Windows Phone 8, Lumia Software Recovery Tool ini yang akan anda butuhkan. Untuk langkah selanjutnya kurang lebih sama dengan yang sudah saya tuliskan diatas.

Nah, demikian artikel tentang cara membetulkan Windows Phone yang tidak bisa menyala. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Reset dan Recover Windows Phone yang Tidak Bisa Menyala/Bricked"

Posting Komentar